Jumat 06 Oct 2023 13:25 WIB

Tesla Pangkas Harga Mobil Model 3 dan Model Y di AS

Tesla Model 3 dibanderol 38.990 dolar AS dan model Y sebesar 48.490 dolar AS.

A Tesla logo during the company.
Foto: EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
A Tesla logo during the company.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pabrikan mobil listrik Tesla memangkas harga kendaraan Model 3 dan Model Y di Amerika Serikat (AS), Kamis (6/10/2023). Dalam situs web pembuat kendaraan listrik tersebut, kedua model tersebut didiskon sekitar 2,7 persen hingga 4,2 persen.

Pemangkasan harga ini terjadi hanya sebulan setelah perusahaan memangkas harga untuk mobil Model S dan Model X premiumnya. Tesla telah memangkas harga secara agresif tahun ini untuk melawan dampak perlambatan pasar kendaraan listrik, sekaligus menangkis persaingan dari pemain baru dan lama.

Baca Juga

Sedan Model 3 lebih murah sebesar 1.250 dolar AS menjadi 38.990 dolar AS. Sedangkan harga varian jarak jauh Model Y diturunkan sebesar 2.000 dolar AS menjadi 48.490 dolar AS, menurut situs web perusahaan mobil tersebut.

Harga untuk Model 3 standar telah turun sekitar 17 persen sejak awal tahun sementara varian jarak jauh Model Y mengalami penurunan lebih dari 26 persen.

 

Penurunan harga untuk Model 3 juga terjadi karena pengiriman versi standar yang lebih segar dan dengan harga lebih tinggi diperkirakan akan dimulai pada kuartal keempat.

Produsen mobil tersebut meleset dari perkiraan pasar untuk pengiriman kuartal ketiga awal pekan ini setelah rencana peningkatan di pabriknya untuk meluncurkan versi terbaru dari sedan pasar massal Model 3 yang memaksa penghentian produksi.

Tesla pada hari Kamis juga memangkas harga untuk varian Model Y dan Model 3 dengan harga lebih tinggi.

Harga untuk penggerak roda belakang Model Y, yang diperkenalkan kembali Tesla awal pekan ini, tetap sama yaitu 43.990 dolar AS. Harga premium Model S dan Model X tidak berubah pada hari Kamis.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement