Rabu 20 Sep 2023 08:07 WIB

Jelang Pengumuman, The Fed Diprediksi Akan Tahan Suku Bunga

Ketua the Fed Jerome Powell akan mengumumkan kebijakan suku bunga pada Rabu.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Gubernur Bank Sentral AS, Jerome Powell.
Foto:

Pada pertemuan Juli sebagian besar peserta terus melihat risiko kenaikan yang signifikan terhadap inflasi. Meskipun inflasi telah melambat dari puncaknya tahun lalu, pengukuran mendasar menunjukkan bahwa harga-harga masih naik sekitar dua kali lipat dari target dua persen yang ditetapkan oleh The Fed.

Para pengambil kebijakan, terutama Powell, juga enggan memberikan kontribusi apa pun dalam upaya melawan inflasi, meskipun hal tersebut berarti suku bunga lebih tinggi dari perkiraan dan risiko lebih besar terhadap perekonomian yang telah menghasilkan lebih banyak lapangan kerja dan pertumbuhan dibandingkan yang diantisipasi mengingat pesatnya pengetatan kebijakan moneter. 

Suku bunga The Fed yang lebih tinggi menyebabkan bank dan perusahaan keuangan menaikkan suku bunga mereka juga hal-hal seperti hipotek rumah, pinjaman usaha, kartu kredit dan berbagai jenis pembiayaan lainnya – menghambat investasi dan pengeluaran rumah tangga dan, melalui penurunan permintaan, menurunkan suku bunga inflasi.

 

Menutup kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut dapat menyebabkan kondisi keuangan secara keseluruhan melemah karena pasar memperkirakan akan terjadi penurunan suku bunga. Hal ini merupakan kebalikan dari apa yang diinginkan oleh The Fed sementara ketidakpastian mengenai inflasi telah terkendali.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement