Kamis 14 Sep 2023 16:37 WIB

AP I Gandeng IATA Tingkatkan Standar Pelayanan Bandara

MoU ini mencakup beberapa hal antara lain peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM.

Logo Angkasa Pura (AP) I
Foto: AP I
Logo Angkasa Pura (AP) I

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I bersama asosiasi maskapai penerbangan dunia (International Air Transport Association/IATA) menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang peningkatan pelayanan dan operasional di bandara yang dikelola AP I.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama AP I Faik Fahmi dan Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA Philip Goh di Kantor Pusat AP I di Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga

Direktur Utama AP I Faik Fahmi lewat keterangannya di Jakarta, Kamis (14/9/2023), mengatakan, MoU tersebut akan semakin mempererat kerja sama antara AP I dengan IATA yang telah terjalin sejak 2015. AP I tengah menjalankan program transformasi perusahaan yang terdiri atas empat pilar, salah satunya adalah pilar organization and culture dengan tujuan untuk mengembangkan SDM dan budaya di dalam perusahaan.

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap AP I akan dapat memperoleh berbagai manfaat positif melalui program pelatihan, kursus, dan layanan konsultasi bidang aviasi," ujar Faik.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut, AP I dan IATA menyepakati beberapa hal yang menjadi ruang lingkup dan bentuk kerja sama. Di antaranya pelatihan terkait strategi peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM, layanan konsultasi untuk peningkatan standar keselamatan dan pelayanan bandara, layanan konsultasi terkait strategi keuangan, dan layanan data intelijen bisnis untuk lalu lintas angkutan udara.

Menurut Faik, kerja sama yang selama ini terjalin dengan IATA juga memiliki peran yang sangat positif bagi AP I. Selama periode pandemi Covid-19, IATA telah banyak memberikan informasi dan data yang AP I gunakan dalam proyeksi recovery rate trafik.

Wakil Direktur Regional Asia-Pasifik IATA Philip Goh menyatakan dukungan penuh untuk kolaborasi dengan AP I. IATA sangat mendukung upaya apapun untuk mewujudkan ekosistem aviasi menjadi lebih kuat, lebih aman, lebih efisien, dan berkelanjutan. IATA juga siap untuk melanjutkan kolaborasi dengan AP I untuk mendukung perwujudan visi AP I, yakni connecting the world beyond airport operator with Indonesian experience.

"Kami merasa bersyukur dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami sehingga kami bisa mendukung dan meningkatkan kerja sama bisnis dengan AP I melalui penandatanganan nota kesepahaman ini," kata Goh.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement