Ahad 05 Nov 2023 23:19 WIB

Tiga Bandara AP I Raih Penghargaan dari INACA

Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kinerja pelayanan bandara AP I.

Seorang calon penumpang pesawat bersantai di area ruang tunggu Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahad (24/4/2022).
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Seorang calon penumpang pesawat bersantai di area ruang tunggu Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahad (24/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga bandara yang dikelola PT Persero Angkasa Pura (AP) I meraih penghargaan bandara terbaik versi Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) 2023 dari Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA).

Tiga bandara tersebut yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru.

Baca Juga

"Penghargaan yang diraih tiga bandara AP I tersebut merupakan wujud apresiasi dari stakeholder, dalam hal ini adalah INACA terhadap standar pelayanan di bandara," kata Direktur Operasi AP I Indah Preastuty dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (5/11/2023).

Dengan trafik di bandara AP I yang semakin mendekati kondisi sebelum pandemi, lanjut Indah, AP I berupaya untuk menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara serta termasuk di dalamnya para stakeholder terkait

 

Penghargaan tersebut diberikan dalam kegiatan INACA Festival 2023 untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-53 INACA. Penghargaan tersebut juga merupakan apresiasi terhadap kinerja pelayanan bandara yang diukur melalui CSI.

Pada pengukuran CSI yang dilaksanakan INACA di 2023, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil meraih skor CSI sebesar 4,93, Bandara SAMS Sepinggan dengan skor CSI 4,90, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru dengan skor CSI 4,84 dari skala 1-5.

Pengukuran CSI oleh INACA di bandara yang dikelola AP I itu dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Dalam pengukuran di 2023, skor CSI rata-rata di 15 bandara AP I mencapai 4,75 dari skala 1-5. Skor rata-rata tersebut mengalami pertumbuhan dibandingkan dengan skor di 2022 sebesar 4,70 dan pada 2021 sebesar 4,67.

AP I menjelaskan bahwa skor CSI tersebut merupakan hasil dari kegiatan pengukuran yang dilaksanakan dengan metodologi penyebaran kuesioner kepada penumpang, pihak maskapai penerbangan, dan mitra usaha di bandara. Selain untuk mengukur indeks kepuasan pelanggan, hal tersebut juga ditujukan untuk menjaring informasi terkait feedback dan keluhan dari pengguna jasa serta sebagai dasar dalam perbaikan dan peningkatan standar pelayanan di bandara kepada pengguna jasa, pemangku kepentingan dan mitra usaha.

"Bagi AP I, skor CSI bukan hanya sekadar angka, melainkan sebagai indikator atas kepuasan pelanggan serta menjadi salah satu faktor penting bagi AP I untuk menentukan prioritas dalam upaya peningkatan standar pelayanan," ujar Indah.

AP I mengharapkan kolaborasi dan sinergi dengan INACA yang sejauh ini terjalin dengan sangat baik, ke depannya akan menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, AP I juga siap untuk meningkatkan kolaborasi dengan INACA untuk mendukung percepatan pemulihan dunia penerbangan nasional.

"Kami juga mengucapkan selamat kepada INACA yang di tahun ini berulang tahun ke-53. Sebagai wadah bagi maskapai penerbangan nasional, INACA merupakan salah satu mitra kerja strategis AP I," kata Indah.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement