Kamis 14 Sep 2023 13:51 WIB

Teknologi IoT Dorong Peningkatan Transaksi Keuangan Digital

Pada Juli 2023, nilai transaksi digital banking tercatat capai Rp 5.035,70 triliun.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Seorang mahasiswa melakukan pembukaan rekening melalui mobile banking. Internet untuk segala atau Internet of Things (IoT) saat ini menjadi nilai tambah bagi industri jasa keuangan.
Foto: Dok. BNI
Seorang mahasiswa melakukan pembukaan rekening melalui mobile banking. Internet untuk segala atau Internet of Things (IoT) saat ini menjadi nilai tambah bagi industri jasa keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Internet untuk segala atau internet of things (IoT) saat ini menjadi nilai tambah bagi industri jasa keuangan untuk memberikan layanan real time. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, secara umum adopsi teknologi IoT mampu mendatangkan berbagai manfaat bagi industri jasa keuangan.

"Pemanfaatan (IoT) di Indonesia berkontribusi mendorong peningkatan transaksi dan pembayaran digital," kata Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto OJK Hasan Fawzi dalam webinar OJK Institute, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, berdasarkan data dari Bank Indonesia untuk posisi Juli 2023, nilai transaksi digital banking tercatat mencapai Rp 5.035,70 triliun. Angka tersebut tumbuh sebesar 15,5 persen secara tahunan.

Hasan menilai, peningkatan transaksi digital tersebut tidak luput dari peran industri jasa keuangan yang mampu menyediakan layanan digital. Layanan tersebut didukung dengan platform dan infrastruktur informasi teknologi yang mumpuni.

"Ke depannya tentu kami berharap penyediaan jaringan internet semakin merata di seluruh penjuru negeri sehingga masyarakat di Indonesia dapat memanfaatkan layanan digital yang telah disediakan industri jasa keuangan dengan baik," ujar Hasan.

Secara umum, Hasan mengatakan, teknologi IoT memberikan layanan jasa transaksi perbankan yang real time melalui payment terminal. Selain itu, juga pemantauan perangkat serta pemeliharaan dapat dilakukan secara otomatis dan jarak jauh.

IoT juga meningkatkan personalisasi produk maupun layanan keuangan sesuai dengan kebutuhan konsumen. "IoT ini juga mampu mengidentifikasi potensi fraud serta meningkatkan strategi pengelolaan manajemen risiko," ujar Hasan.

Di era digital saat ini....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement