Selasa 22 Aug 2023 17:02 WIB

Relawan BUMN Kompak Bantu Percepatan UMKM dan Agrowisata di Jawa Tengah

Relawan Bakti BUMN Batch IV akan menjadi momentum insan BUMN berkontribusi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
 PT Danareksa (Persero) (Danareksa) menjalankan salah satu program Kementerian BUMN, yakni Relawan Bakti BUMN Batch IV.  (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
PT Danareksa (Persero) (Danareksa) menjalankan salah satu program Kementerian BUMN, yakni Relawan Bakti BUMN Batch IV. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Danareksa (Persero) (Danareksa) menjalankan salah satu program Kementerian BUMN, yakni Relawan Bakti BUMN Batch IV. Pada program ini, Danareksa sebagai Holding berkolaborasi dengan anggota Holding BUMN Danareksa, yaitu PT Nindya Karya dan PT Kliring Berjangka Indonesia melalui Tanggung Jawab Soal dan Lingkungan (TJSL) Desa Transformasi yang bertujuan mendorong percepatan pengembangan UMKM, agrowisata, dan pertanian terintegrasi di Desa Sukorejo, Sragen, Jawa Tengah.

Adapun program Relawan Bakti BUMN Batch IV adalah program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN ini telah digelar serentak pada 15-17 Agustus 2023 di berbagai daerah di Indonesia. Setelah melalui seleksi ketat oleh Kementerian BUMN, para pegawai BUMN terpilih dari seluruh Indonesia bertugas untuk terlibat secara langsung memberikan baktinya membangun Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Baca Juga

Direktur Utama Danareksa, Yadi Jaya Ruchandi, mengatakan holding BUMN Danareksa berkomitmen untuk selalu mendukung program pemerintah dan Kementerian BUMN dalam bidang TJSL. Yadi berharap bisa membantu mengoptimalkan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh Desa Sukorejo. Sehingga, Desa Sukorejo dapat terus berkembang dan warga dapat merasakan bakti BUMN secara nyata melalui pengembangan desa menjadi destinasi agrowisata besar yang semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia. 

"Hal ini merupakan bentuk komitmen Danareksa dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara," ujar Yadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Yadi mengatakan program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini juga akan menjadi momentum yang tepat bagi para Insan BUMN untuk memberikan kontribusinya langsung pada masyarakat dengan edukasi ataupun promosi melaui media sosial yang dimiliki oleh para relawan. Sejak 2022, ucap Yadi, Desa Sukorejo telah menjadi Desa Binaan Holding BUMN Danareksa dengan pemberian bantuan bibit buah-buahan yang kemudian dilanjutkan dengan Desa Transformasi yang akan mendorong optimalisasi keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Desa Sukorejo agar dapat memberikan manfaat lebih bagi warganya.

Mengusung tema “Desa Transformasi untuk Indonesia Lestari”, di hari pertama para Relawan Bakti BUMN Batch IV melakukan penanaman pohon Durian, terlibat dalam pelatihan digital UMKM bersama Shopee guna mendorong pendapatan warga melalui platform e-commerce, dan membantu mempromosikan pengembangan dan branding budaya Kerocong Wayang Desa Sragen melalui media sosial mereka. 

Di hari berikutnya, para Relawan akan memberikan literasi keuangan, membantu renovasi sekolah, dan pembangunan Sistem Pengairan untuk Pemanfaatan Air Limbah. Sedangkan di hari terakhir, bersama dengan warga Desa Sukorejo akan memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan melakukan upacara.

Yadi berharap serangkaian kegiatan yang dilaksanakan Danareksa, Nindya Karya, dan Kliring Berjangka Indonesia berkolaborasi dengan Relawan Bakti BUMN Batch IV ini dapat memenuhi tujuannya dalam memberikan dampak maksimal bagi warga Desa Sukorejo dan untuk para Relawan, menjadi pengalaman baru yang bermakna sembari memperkuat core value Akhlak. 

"Desa Sukorejo diharapkan dapat mengoptimalkan potensinya melalui promosi yang dilakukan dan meningkatkan daya tarik wisatawan," kata Yadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement