Sabtu 19 Aug 2023 03:58 WIB

Dua Tahun Merugi, Akhirnya SpaceX Catat Keuntungan

SpaceX memperoleh pendapatan 1,5 miliar dolar AS pada kuartal I 2023.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Massa menyaksikan peluncuran roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral Space Force Station, Ahad (18/2/2023). SpaceX memperoleh pendapatan 1,5 miliar dolar AS pada kuartal I 2023.
Foto: Malcolm DenemarkFlorida Today via AP
Massa menyaksikan peluncuran roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral Space Force Station, Ahad (18/2/2023). SpaceX memperoleh pendapatan 1,5 miliar dolar AS pada kuartal I 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan penerbangan luar angkasa milik Elon Musk, SpaceX telah menghasilkan keuntungan setelah dua tahun mengalami kerugian, menurut dokumen yang dilihat oleh Wall Street Journal. SpaceX meraup pendapatan 1,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 22,9 triliun pada kuartal pertama tahun ini, menghasilkan keuntungan sebesar 55 juta dolar AS atau sekitar Rp 841,9 miliar

Sepanjang tahun 2022, SpaceX membukukan kerugian 559 juta dolar AS atau Rp 8,5 triliun dari pendapatan 4,6 miliar dolar AS atau Rp 70,4 triliun. Nilai ini sekitar dua kali lipat dari yang dihasilkan selama 12 bulan sebelumnya, kata berita tersebut.

Baca Juga

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2002 ini dimiliki secara pribadi dan menyembunyikan informasi keuangannya. Sehingga, temuan Journal menawarkan beberapa wawasan menarik tentang kinerja perusahaan.

Dilansir Digital Trends, Jumat (18/8/2023), sebagian besar pendapatan SpaceX berasal dari kontrak dengan pemerintah dan bisnis yang menggunakan roketnya untuk meluncurkan satelit di orbit. Ini juga bekerja dengan NASA untuk menerbangkan kru dan kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

SpaceX juga mengoperasikan layanan internet dari luar angkasa yang disebut Starlink. Starlink ini melibatkan penerbangan luar angkasa reguler untuk menyebarkan beberapa kumpulan satelit kecil. Pada Mei 2023, Starlink dilaporkan memiliki sekitar 1,5 juta pelanggan yang membayar secara global.

SpaceX juga terus meningkatkan frekuensi penerbangannya, dimungkinkan oleh kemampuannya untuk memperbarui penguat Falcon 9 tahap pertama untuk waktu penyelesaian yang lebih cepat.

Menyeimbangkan pembukuan telah menjadi tantangan bagi SpaceX karena terus menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan Starship, roket dan pesawat ruang angkasa generasi berikutnya yang terdiri dari Super Heavy tahap pertama, roket paling kuat yang pernah dibuat, dan pesawat ruang angkasa Starship tahap atas yang mana SpaceX. Ini akan digunakan untuk penerbangan kru dan kargo ke bulan, Mars, dan seterusnya.

Starship masih dalam tahap awal pengembangan setelah mengalami kegagalan udara selama penerbangan uji orbit perdananya pada bulan April. Insinyur SpaceX sekarang sedang mengerjakan roket menjelang upaya orbit kedua yang dapat dilakukan dalam beberapa bulan mendatang.

The Journal menunjukkan bahwa hasil SpaceX telah melihat peningkatan sebagian karena kenaikan harga untuk misi menggunakan roket Falcon Heavy triple-booster, dan juga karena pesaing telah bergulat dengan penundaan yang berdampak pada peluncuran roket baru. Ini juga mencatat bagaimana perusahaan mengikuti strategi serupa yang diadopsi oleh perusahaan teknologi besar dengan berinvestasi besar-besaran dalam mengembangkan aspek bisnisnya (dalam kasus SpaceX, Starlink dan Starship) dengan mengorbankan keuntungan besar, yang diharapkan akan mengikuti sebagai hasil dari investasi tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement