Selasa 15 Aug 2023 20:01 WIB

NFA Rayakan Kemerdekaan Berbagi Pangan Murah di Perbatasan

NFA juga akan membagikan sembako bagi warga perbatasan.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi.
Foto: Badan Pangan Nasional
Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah bagi masyarakat di 12 wilayah Pos Lintas Batas Negara dalam memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"NFA bersama Perum Bulog, ID FOOD, dan dinas pangan setempat menyambut baik serta mendukung perayaan 17 Agustus yang akan diselenggarakan oleh BNPP di wilayah pos perbatasan Indonesia dengan Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini," kata Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

Arief menuturkan, komoditas yang disediakan dalam Gerakan Pangan Murah (GPM) yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus tersebut terdiri dari Beras SPHP (Beras Bulog), beras premium, minyak goreng, gula konsumsi, bawang merah, bawang putih, telur ayam ras, tepung terigu, produk UMKM, serta bahan pangan lainnya dengan harga variatif di bawah harga pasar. Ia mencontohkan harga pangan di Pos Lintas Batas Negara Sei Nyamuk Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara disiapkan aneka sembako, antara lain Beras SPHP seharga Rpv9.000/kg, Minyakita seharga Rp 14.000/liter, gula konsumsi Rp 12.500/kg, tepung terigu Rp 12.000/kg, beras premium Rp 12.900/kg, bawang merah Rp 27.000/kg, dan bawang putih Rp 29.000/kg.

"Khusus enam lokasi PLBN yaitu Ranai, Jagoi Babang, Badau, Sei Nyamuk, Yetetkun, dan Skouw akan disiapkan pula sejumlah paket bantuan sembako untuk merangkul saudara-saudara kita yang membutuhkan di sekitar wilayah perbatasan," ujar Arief.

Melalui kegiatan tersebut Arief berharap pewujudan Merdeka Pangan dapat diperkuat melalui sinergi dan kolaborasi antara Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), pusat, dan pemerintah daerah sebagai salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat serta percepatan pembangunan kawasan perbatasan negara yang merupakan beranda terdepan NKRI.

"Harapannya semangat Merdeka Pangan ini juga bisa digaungkan hingga ke wilayah terdepan NKRI, dalam hal ini masyarakat di sekitar perbatasan. Semoga kita semua bisa menikmati perayaan Hari Kemerdekaan RI dengan penuh sukacita," ujarnya lagi.

Adapun pelaksanaan GPM di 12 lokasi PLBN tersebar di 6 provinsi, yakni Kepulauan Riau (PKSN Ranai Kabupaten Natuna), Kalimantan Barat (Aruk Kabupaten Sambas, Badau Kabupaten Kapuas Hulu, dan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang), Kalimantan Utara (Sei Nyamuk Kabupaten Nunukan). Lalu Nusa Tenggara Timur (Wini Kabupaten Timor Tengah Utara, Napan Kabupaten Timor Tengah Utara, Motaain Kabupaten Belu, dan Motamasin Kabupaten Malaka), Papua (Skouw Kota Jayapura), dan Papua Selatan (Yetetkun Kabupaten Boven Digoel, Sota Kabupaten Merauke).

Sedangkan untuk PBLN Entikong Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, GPM akan diadakan pada 17 September 2023.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement