Selasa 15 Aug 2023 10:55 WIB

Bandara Tjilik Riwut Gunakan Travelin Guna Optimalkan Layanan

Via Travelin, pelayanan digital di bandara AP II dapat dirasakan langsung pengguna.

Aplikasi Travelin
Foto: dok Republika
Aplikasi Travelin

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah memanfaatkan aplikasi Travelin untuk semakin mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat melalui digitalisasi.

"Aplikasi Travelin dilengkapi berbagai fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Kami terus mengembangkan aplikasi ini, guna memberi pengalaman terbaik dalam melakukan perjalanan udara bagi masyarakat," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara di Palangka Raya, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, aplikasi Travelin mendukung penerapan digitalisasi pada aspek pelayanan di berbagai bandara yang dikelola AP II, termasuk salah satunya Bandara Tjilik Riwut. Melalui Aplikasi Travelin ini, pelayanan berbasis digital di bandara-bandara dapat dirasakan langsung oleh pengguna.

Menurutnya, dengan mengakses aplikasi ini, pengguna dapat menemukan ragam fitur untuk mendapat informasi atau layanan sehingga lebih nyaman dan mudah dalam bepergian melalui bandara.

"Pada Aplikasi Travelin, di halaman beranda pengguna bisa memilih Bandara Tjilik Riwut di bagian kiri atas. Setelah itu, fitur informasi dan layanan kemudian mengikuti dengan apa yang ada di Bandara Tjilik Riwut," ujarnya.

Kemudian, Ardha menjelaskan, pengguna juga bisa memanfaatkan Before You Fly (sebelum melakukan penerbangan) atau While You Are Here (saat berada di bandara). Pada Before You Fly, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan: E-check in, Transportation (transportasi publik), Shop and Dine, E-Commerce, Premium Services, e-Reading dan eSIM.

Fitur E-check in, pengguna dapat melakukan check in keberangkatan penerbangan melalui Aplikasi Travelin. Pada fitur Shop and Dine, pengguna bisa mengetahui seluruh penyewa atau tenant yang ada di bandara.

Sedangkan pada fitur Premium Services, pengguna bisa mendapatkan layanan premium, misalnya layanan Concierge Express dan Car Rental di bandara. Selanjutnya pada While You Are Here, pengguna bisa memilih fitur informasi dan layanan yang meliputi Tourism, Wi-fi, Emergency, News, Link Aja, Airportainment, Hotels dan Premium Services.

Lebih lanjut disampaikannya, pada fitur Tourism, pengguna bisa mendapat berbagai informasi terkait destinasi wisata yang terdapat di kota di mana bandara berada. Fitur Wi-Fi, pengguna bisa mendapat informasi untuk terkoneksi dengan Wi-Fi di bandara. Kemudian pada fitur Emergency, pengguna bisa langsung terhubung dengan personel di bandara saat membutuhkan bantuan.

Tidak hanya itu, aplikasi Travelin juga memiliki fitur Business Opportunity yang menyediakan informasi mengenai komersial dan peluang usaha di bandara. Aplikasi Travelin juga menyediakan informasi penerbangan secara real time. "Dalam layanan informasi penerbangan di Travelin ini terkoneksi dengan Flight Information Display System (FIDS) di Bandara Tjilik Riwut, sehingga bisa menjadi rujukan pengguna untuk mengetahui jadwal penerbangan," katanya.

Dia juga menjabarkan, melalui Aplikasi Travelin, pengguna juga bisa membuat Airport ID untuk mendapatkan beragam layanan berbasis teknologi seperti TravelinPass. Layanan TravelinPass memungkinkan pengguna dapat memproses keberangkatan penerbangan dengan teknologi pengenalan wajah atau biometric face recognition.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement