Sabtu 12 Aug 2023 01:16 WIB

Kijang Pikup Reborn Lewat Rangga Concept di GIIAS, Toyota Gelar Kontes Rangga Digimodz

Rangga Conpect membawa DNA Toyota Kijang Pikup yang multi talenta.

Toyota Astra Motor memperkenalkan Rangga Concept di Pameran GIIAS 2023 di ICE BSD Tangerang, Kamis (10/8/2023).
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Toyota Astra Motor memperkenalkan Rangga Concept di Pameran GIIAS 2023 di ICE BSD Tangerang, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG —PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama dengan NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) mengadakan Toyota Rangga Concept Digimodz Contest. Masyarakat diberi kesempatan untuk mengelaborasi berbagai ide konversi mobil serbaguna berbasis Rangga Concept supaya lebih banyak inspirasi diperoleh yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas usaha.

Head of Interactive Communication PT Toyota-Astra Motor (TAM), Dimas Aska mengatakan lewat  visi To Contribute More to Society, PT Toyota-Astra Motor ingin mendukung pertumbuhan bisnis lokal ketika memperkenalkan Rangga Concept karena dapat dikonversi menjadi berbagai moda mobile business. 

Baca Juga

“Kami ingin Rangga Concept dapat memberikan banyak inspirasi desain sesuai kebutuhan pelanggan yang semakin spesifik dan beragam, sehingga pelaku usaha sebagai customer utama dapat memperoleh visualisasi bentuk kendaraan serbaguna miliknya saat merancang model bisnis yang paling menguntungkan,” kata Dimas Aska di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD Tangerang, Jumat (11/8/2023).

Rangga Concept yang diperkenalkan di pembukaan GIIAS 2023, Kamis (10/8/2023) membawa DNA Toyota Kijang Pick Up yang dikenal sangat multi talenta sebagai kendaraan niaga serbaguna sejak pertama lahir di tahun 1977. Dalam perjalanan ‘kariernya’, Kijang Pick Up tidak pernah lepas dari support karoseri lokal untuk dijadikan berbagai bentuk kendaraan niaga dalam memenuhi berbagai aktivitas usaha. 

Menurut Dimas kolaborasi antara Toyota dengan body builder Tanah Air berhasil memasukkan nilai-nilai kearifan lokal yang sesuai kebutuhan pelanggan saat itu, sehingga Kijang Pick Up dapat diterima hingga ke pelosok negeri dan menjadi legenda kendaraan niaga Indonesia.

Dimas mengatakan Toyota terinspirasi oleh langkah inovatif dalam mengembangkan Kijang Pick Up dengan kembali mengajak karoseri lokal dalam tahap awal pengembangan Rangga Concept. Selanjutnya, Toyota memperluas cakupan kolaborasi dengan mengajak masyarakat luas untuk ikut merancang desain kendaraan niaga multi solusi ini. 

“Karena diyakini bahwa masyarakat sangat mengerti kebutuhan bisnis lokal, mulai dari skala UMKM hingga big business, yang dapat menjangkau pasar di wilayah perkotaan hingga pedesaan,” ucapnya.

 Berkolaborasi dengan NMAA, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar lomba desain digital Rangga Concept yang diberi nama “Toyota Rangga Concept Digimodz Contest” dan melakukan kick-off di booth Toyota Commercial GIIAS 2023 di Hall 3E ICE BSD City, Jumat (11/8). Lomba desain virtual dengan tema Business x Public Service x Lifestyle ini, mengajak publik atau masyarakat luas untuk berpartisipasi memberikan berbagai ide konversi desain mobil serbaguna berbasis Rangga Concept yang lebih fresh.  Di samping itu bisa sesuai dengan kebutuhan para pelanggan, bahkan menciptakan peluang usaha baru yang dapat diwujudkan bersama Rangga Concept.

 Sebagai pembuka ide, Toyota memajang beberapa hasil konversi Rangga Concept di booth Toyota Commercial yang dapat dijadikan benchmark. Model yang dipajang di antaranya adalah Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Charger Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car.

 Para peserta dapat membuat kreativitas desain berdasarkan pilihan 3 tema, yaitu Business, Public Service, dan Lifestyle. Jumlah hasil karya masing-masing peserta tidak dibatasi dan dapat mengirimkan lebih dari satu karya dengan berbagai macam tema. Semua karya desain diharapkan dapat melakukan eksplorasi kreativitas sesuai tema modifikasi yang telah ditentukan dengan inovatif, kreatif, dan menarik, serta dapat direalisasikan ke dalam bentuk mobil aslinya. Pada tahap final, seluruh tiga besar pemenang akan dibuatkan model skala 1:1 dari desain miliknya.

Masyarakat yang tertarik dan ingin mengikuti Toyota Rangga Concept Digimodz Contest dapat mempelajari syarat dan ketentuan serta peraturan lomba di website www.ranggaconceptdigimodz.com. Selanjutnya dapat melakukan submission hasil karya dalam bentuk digital antara 11 Agustus – 23 September 2023. Tersedia hadiah total Rp 130 Juta untuk para pemenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement