Jumat 11 Aug 2023 23:46 WIB

Bio Farma Dukung Dimulainya Imunisasi HPV Cegah Kanker Seviks

Bio Farma bangga dapat berkontribusi meningkatkan kesehatan anak Indonesia.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Fuji Pratiwi
Pelaksanaan vaksinasi RV dan HPV
Foto: Dok. Republika
Pelaksanaan vaksinasi RV dan HPV

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kementerian Kesehatan memulai perluasan cakupan imunisasi HPV skala nasional pada program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kepada siswi kelas 5 dan 6 sekolah dasar.

Program imunisasi HPV, mulai dilaksanakan secara nasional pada tahun 2023. Hal ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1930/2022 tentang Program Introduksi Imunisasi Human Papillomavirus Vaccine (HPV) Tahun 2022-2023.

Baca Juga

Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya, menyampaikan, Bio Farma mendukung terlaksananya perluasan cakupan imunisasi HPV skala nasional. Yakni, dengan memastikan ketersediaan vaksin HPV 4-valen buatan Bio Farma yang di produksi di dalam negeri guna mendukung pemerintah mencapai target eliminasi kanker rahim pada 2030.

Bersama pemerintah, Bio Farma terus memastikan agar anak-anak Indonesia terlindungi dari kanker serviks, melalui imunisasi dengan jadwal dan dosis tertentu. "Ini semua untuk mencapai target eliminasi kanker leher rahim pada tahun 2030," ujar Shadiq, Kamis (10/8/2023).

Permulaan imunisasi HPV berlangsung di SD Negeri 8 Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Program imunisasi HPV, telah dilakukan di Indonesia sejak 2016 oleh Kementerian Kesehatan dan untuk mempercepat pencapaian target eliminasi kanker serviks. 

Shadiq berharap agar masyarakat dan pemangku kepentingan lintas sektoral dapat berperan aktif dalam mengeliminasi kanker serviks. Yakni, melalui program imunisasi HPV nasional sehingga memiliki cakupan yang tinggi dan merata.

Bio Farma, kata dia, bangga dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia dengan mengadirkan vaksin HPV 4-valen di Indonesia. "Dengan adanya kolaborasi yang baik antar lembaga, baik dari pemerintah, lembaga kesehatan, NGO, dan industri, Bio Farma akan terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan bangsa" ungkap Shadiq.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement