Jumat 11 Aug 2023 19:08 WIB

Bank Commonwealth Beri Pendampingan  193.637 Wirausaha Melalui MicroMentor 

MicroMentor Indonesia berhasil membantu UMKM menciptakan 38.361 lapangan kerja.

Layanan Digital. Petugas teller berjaga di salah satu Kantor cabang Bank Commonwealth di Jakarta.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Layanan Digital. Petugas teller berjaga di salah satu Kantor cabang Bank Commonwealth di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Commonwealth menunjukkan komitmennya mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia naik kelas. Dalam semangat perayaan Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2023, Bank Commonwealth mengumumkan telah menghubungkan 193.637 wirausaha mikro kecil dan menengah dengan 33.235 relawan mentor bisnis melalui program MicroMentor Indonesia (MMI). 

Selain itu, MMI yang tahun ini memasuki tahun keempatnya, juga telah memfasilitasi 500.890 interaksi antara wirausaha dan mentor melalui akses ke berbagai konten pelatihan digital melalui  toolkit keamanan siber dan pengembangan bisnis.

Pencapaian tersebut telah melampaui target MMI, yang merupakan program kerja sama antara Bank Commonwealth, Mastercard Center for Inclusive Growth, dan Mercy Corps Indonesia, yaitu 80 ribu wirausaha, 20 ribu mentor, dan 100 ribu interaksi.

Pencapaian MMI turut mewujudkan  komitmen Bank Commonwealth dalam mendukung pemerintah Indonesia mencapai target transformasi digital nasional yaitu 30 juta UMKM menjadi bagian dari ekosistem digital pada tahun 2024, dengan cara menyediakan mentoring bisnis dan pelatihan keamanan siber kepada UMKM.

Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati mengatakan, pihaknya menyadari besarnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Pada saat UMKM mulai menggeliat kembali seperti saat ini, transformasi digital menjadi kunci bagi UMKM untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. 

"Kami berharap MMI dapat menjangkau lebih banyak lagi wirausaha dan menciptakan ekosistem bagi UMKM untuk tumbuh,” kata Lauren dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (11/8/2023).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, sepanjang tahun 2022, UMKM telah menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 60 persen. UMKM juga menyediakan lapangan kerja yang menyerap  97 persen tenaga kerja di Indonesia .

Dalam pencapaiannya, kata dia, MMI juga berhasil membantu 48.620 UMKM bertahan pascapandemi dan menciptakan 38.361 lapangan kerja. Pencapaian ini dihasilkan dari berbagai inisiatif. 

"Misalnya, MMI bekerja sama dengan sejumlah universitas untuk membangun jejaring mentor junior untuk dapat melakukan pendampingan terhadap wirausaha," ujar dia. 

MMI juga menyediakan laman khusus dalam platform MicroMentor untuk mempermudah wirausaha menemukan mentor yang dapat membantu legalitas usaha. Dalam laman tersebut, wirausaha dapat langsung menemukan mentor-mentor yang sudah tersertifikasi dan memahami legalitas apa saja yang dibutuhkan oleh wirausaha. 

Seperti penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi Jaminan Produk Halal, Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP - IRT), Standar Nasional Indonesia (SNI) Bina UMK, dan sebagainya. MMI saat ini menyediakan 26 pelatihan dalam platform yang dapat diakses secara gratis dan bersertifikat yang meliputi manajemen usaha, pemasaran, keuangan, hingga keamanan siber.

Tahun ini, MMI akan terus mempertahankan kualitas pendampingan bisnis dan pelatihan digital. Dan, Bank Commonwealth juga siap  memberikan dukungannya dalam memberikan penambahan materi dan mentor pada Sistem Pelatihan Virtual dan Webinar dengan topik seputar manajemen bisnis, Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen keuangan, serta topik lainnya. 

MMI juga akan meningkatkan teknologi dalam mendukung proses kemitraan strategis. Sehingga, dapat memperluas jangkauan MMI untuk UMKM dan relawan mentor di seluruh Indonesia.

Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis merasa bangga dengan capaian yang telah diraih oleh program MMI. MMI tidak hanya mencapai, namun juga telah melampaui target program kumulatifnya sebanyak 260 persen untuk target peserta dan 500 persen untuk target keterlibatan. 

"Kami berkomitmen penuh untuk terus mendukung perjalanan transformasi digital Indonesia dan mendorong pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan," ujarnya. 

Dalam semangat kolaborasi dengan pemerintah, sektor swasta, dan stakeholder lain, Mercy Corps Indonesia akan terus mengedepankan inovasi dalam pelatihan dan pendampingan digital. Hal ini guna menciptakan ekosistem UMKM yang tangguh. "Bersama-sama, kita akan meraih kesuksesan dan kesejahteraan bagi UMKM Indonesia. Selamat Hari UMKM Nasional 2023," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement