Rabu 09 Aug 2023 11:43 WIB

GIIAS Dibuka Kamis, Mobil-Mobil Baru Inikah yang akan Jadi Calon Bintang GIIAS 2023?

Mobil-mobil listrik China berpotensi menarik perhatian pengunjung.

The New SUV Mitsubishi ditampilkan saat peluncuran di Jakarta, Senin (31/7/2023). Mobil ini akan menjadi salah satu bintang di ajang pameran otomotif GIIAS 2023 pada 10 Agustus 2023.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
The New SUV Mitsubishi ditampilkan saat peluncuran di Jakarta, Senin (31/7/2023). Mobil ini akan menjadi salah satu bintang di ajang pameran otomotif GIIAS 2023 pada 10 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka mulai besok. Di hari pertama, Kamis (10/8/2023), GIIAS belum dibuka untuk umum. Tapi hanya diperuntukkan pers.

Para agen pemegang merek (APM) peserta GIIAS akan membawa produk andalan dengan merilis berbagai mobil baru dan konsep, yang beberapa di antaranya bertajuk world premiere. Mobil-mobil tersebut bukan tidak mungkin akan menjadi bintang di GIIAS 2023 ini. Di antaranya SUV baru Mitsubishi yang kabarnya diberi nama Xforce, All New Honda HR-V Hybrid, dan All New Toyota Alphrad Hybrid yang belum lama ini diluncurkan di Jepang.

Baca Juga

Mobil-mobil listrik merek China yang baru pertama kali menjadi peserta di ajang GIIAS bukan tidak mungkin berhasil menyita perhatian pecinta otomotif di Indonesia. Apalagi era mobil listrik semakin berkembang dan China menjadi produsen nomor satu dunia untuk mobil listrik sejauh ini.

GIIAS sendiri akan berlangsung mulai besok hingga 10 Agustus 2023. Ada 49 merek yang akan ikut di GIIAS 2023 ini. Pabrikan mobil yang menjadi peserta GIIAS akan menyampaikan produk-produk terbarunya besok ke wartawan. Sedangkan pabrikan sepeda motor diberi waktu di hari kedua.

Untuk mobil penumpang ada merek asal Jepang, Korea, China, Jerman, Inggris, Prancis, dan Swedia. Merek-merek tersebut adalah Audi, BMW, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Chery, Wuling DFSK, Seres, dan MG.

Ada lima merek China lainnya memulai debut di GIIAS 2023, yakni Great Wall Motor yang membawahi merek Tank, Haval, dan Ora, serta ada juga Neta dan Maxus. 

Sedangkan kendaraan komersial ada lima merek yakni ikut yakni, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks.


Sementara itu, 15 merek kendaraan roda dua bakal turut serta yakni Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.


Berikut daftar mobil baru yang akan melantai di GIIAS 2023.


Mitsubishi


Mitsubishi  menjadikan ajang GIIAS sebagai arena peluncuran mobil terbaru SUV terbarunya. Eksterior dari SUV terbaru yang akan bersaing dengan Honda HR-V, Yaris Cross, dan Hyundai Creta disebut-sebut akan bernama Xforce sudah diperkenalkan pekan lalu. Di ajang GIIAS Mitsubishi akan meluncurkan secara resmi untuk pertama kalinya di global dengan harga dan tipe-tipenya serta interiornya.

Honda

photo
Honda CR-V Hybrid akan diluncurkan di GIIAS 2023 - (Honda Motor)

 


Honda mengumumkan ada lima mobil elektrifikasi yang akan ditampilkan pada GIIAS 2023 dan satu mobil baru berbasis mesin konvensional. Honda All New HR-V Hybrid akan diluncurkan di ajang ini yang akan menjadi era elektrifikasi mobil Honda di Indonesia.

Hyundai


Merek Korea Selatan ini memoboyong produk-produk andalannya di GIIAS. Hyundai dipastikan bakal merilis satu model crossover berbasis Stargazer, yang kini dikenal Stargazer X di GIIAS 2023. Produk tersebut akan bersaing pada kelas Low SUV yang ditempati Toyota Rush, Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, Suzuki XL7, hingga Daihatsu Terios.


Lexus


Merek otomotif premium asal Jepang ini menyatakan berencana memboyong mobil baru pada segmen elektrifikasi pada GIIAS 2023. 

Neta


Merek mobil listrik asal China, Neta,  berjanji membawa setidaknya lima mobil anyar. Tidak dijelaskan apa saja mobil yang akan diboyong merek ini ke Indonesia. Namun diduga lima mobil tersebut beberapa di antaranya adalah Neta V.


Mercedes-Benz


Merek ternama Jerman Mercedes-Benz yang baru lagi mengikuti GIIAS sejak 2019 lalu juga berkeinginan meluncurkan mobil listrik berbasis baterai baru. Menurut perusahaan mobil listrik ini berjenis SUV.



Seres


Sokonindo Automobile yang membawahi dua merek yaitu DFSK dan Seres juga telah mengungkap kegiatan selama pameran berlangsung.

Achmad Rofiqi, Marketing Head PT Sokonindo Automobile menyampaikan khusus untuk Seres perusahaan bakal meluncurkan secara resmi mobil listrik mungil yang sebelumnya telah diungkap yaitu E1. Detil soal mobil ini bakal dipaparkan di GIIAS.

Daihatsu


Merek Jepang Daihatsu berjanji menyuguhkan sesuatu yang baru pada ajang ini. Belum disebutkan apa model tersebut, namun diduga berstatus 'world premiere'.



Toyota


photo
All New Toyota Alphard Hybrid akan diperkenalkan di GIIAS 2023. - (Toyota Motor)

 

Toyota sebagai pimpinan pasar mobil Tanah Air juga menghadirkan mobil terbaru saat GIIAS 2023. Mobil baru Toyota di antaranya produk konsep, dan All New Alphard Hybrid yang akan diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada konsumen di Tanah Air.

Volvo


Merek Swedia menjanjikan banyak kejutan, tidak terkecuali mobil elektrifikasi dalam bentuk hybrid dan listrik.


MG


Merek Inggris, MG juga menyatakan bakal merilis satu mobil baru saat GIIAS 2023. Mobil tersebut adalah mobil listrik.


Chery


Chery berencana menghadirkan tiga mobil baru sekaligus pada ajang ini. Dua identitas produk tersebut sudah diketahui, yang diduga Tiggo 4 pro dan satu lagi mobil listrik berbasis baterai yaitu Omoda EV.



Kia


Kia memastikan bakal meluncurkan mobil baru pada ajang GIIAS 2023. Namun identitas terkait produk tersebut belum terungkap.


 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement