Jumat 14 Jul 2023 04:38 WIB

GIIAS 2023 Tampilkan Puluhan Merek Kendaraan Bermotor

GIIAS 2023 kembali memamerkan teknologi dan produk terbarunya dari industri otomotif.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jumpa pers penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di JW Marriott Hotel Jakarta, Kamis (13/7/2023).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Jumpa pers penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di JW Marriott Hotel Jakarta, Kamis (13/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 kembali memamerkan teknologi dan produk terbarunya dari industri otomotif pada 10-20 Agustus 2023 di ICE BSD City, Tangerang Selatan. Dalam penyelenggaraannya yang ke-30 tahun, GIIAS 2023 akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor.

“Akan ada produk baru, tampilan berbeda, ada 49 kendaraan merek yang dipamerkan, di mana 34 adalah roda empat yang terbaru, 15 merek roda dua, didukung 120 industri pendukung. Betul-betul penuh,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi dalam jumpa pers di Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga

Nangoi menjelaskan pameran kali ini menghadirkan jumlah merek kendaraan terbanyak dalam kurun waktu delapan tahun ke belakang. Nangoi mengatakan jumlah itu sangat membanggakan bagi Gaikindo karena GIIAS 2023 semakin dikenal di luar negeri.

Nangoi mengatakan melimpahnya jumlah merek kendaraan itu menambah catatan keberhasilan Gaikindo yang selama ini telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif. “Dengan lebih banyak peserta yang hadir di GIIAS 2023, artinya lebih banyak lagi terobosan dan teknologi industri otomotif yang akan disajikan pada masyarakat,” ujar Nangoi.

Nangoi juga menjelaskan bahwa masuknya merek-merek kendaraan baru ke Tanah Air membuktikan potensi besar [asar otomotif Indonesia. Pada 2022, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-11, sementara untuk market domestik Indonesia berada di posisi ke-14 di dunia.

Dengan jumlah total jumlah penduduk mencapai lebih dari 275 juta jiwa, dan rasio kepemilikan mobil sebesar 99 unit per 1.000 penduduk, Indonesia memiliki pasar potensial di Asia Tenggara.

Nangoi mengatakan Indonesia juga memiliki potensi untuk terus meningkatkan angka ekspor, dengan memanfaatkan letak geografis Indonesia untuk memperluas negara tujuan ekspor, terutama ke negara ASEAN dan Australia. GIIAS bisa menjadi wadah untuk menunjukkan inovasi produk kendaraan dan komponen produksi dalam negeri kepada dunia internasional. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement