Sabtu 05 Aug 2023 15:06 WIB

Kembangkan Potensi Mitra Penjual, Blibli Gencar Lakukan Ekosistem

Kolaborasi ini terbukti sukses meningkatkan nilai transaksi.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Blibli wujudkan ekosistem omnichannel niaga halal pertama di Indonesia.
Foto: Blibli
Blibli wujudkan ekosistem omnichannel niaga halal pertama di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) berupaya mengembangkan jaringan mitra penjual melalui serangkaian kolaborasi. Adapun inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan performa penjualan mitra penjual melalui platform ekosistem omnichannel ini.

Kepala Cabang Blibli Jawa Timur Didi Tjandra mengatakan, pada era perkembangan digital cara berkompetisi yang efektif dengan menangkap peluang kolaborasi sebanyak mungkin. "Oleh karena itu, Blibli memanfaatkan jaringan bisnisnya untuk memfasilitasi peluang kerja sama antara mitra penjual," ujar Didi dalam keterangan tulis, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga

Dia memaparkan dua pendekatan yang diambil dalam mengelola kolaborasi ini, yaitu pendekatan online dan offline. Adanya portofolio mitra penjual dan kemampuan ekosistem online yang dimiliki Blibli, para mitra penjual dapat menghasilkan penawaran menarik dengan nilai tambah bagi pelanggan. 

Sebagai contoh, kolaborasi antara REALFOOD dan LEKA menghasilkan promosi 'Exclusive Bundling' dengan menggabungkan produk unggulan dari kedua merek menjadi satu paket produk kesehatan dengan harga yang kompetitif.

"Kolaborasi yang berlangsung sepanjang paruh pertama 2023 ini terbukti sukses dengan meningkatnya nilai transaksi hampir dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," ucapnya.

Dalam pendekatan offline, Blibli juga menginisiasi kegiatan seperti table manner dan kelas memasak yang disebut 'Cooking with Love'. Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak mulai dari mitra penjual agar membantu membangun merek dan memberikan edukasi mengenai produk-produk yang dijual.

Tak hanya itu, Blibli juga bekerjasama dengan mitra penjual kategori otomotif dan hobi menyelenggarakan kegiatan 'Sunday Fun Bike' dan mengundang komunitas pesepeda sekitar Surabaya. Melalui kolaborasi ini, Blibli membantu mitra-mitra penjualnya untuk menghasilkan transaksi secara langsung.

"Saat ini, Blibli memiliki lebih dari ratusan ribu mitra penjual  berada di wilayah Jawa Timur. Inisiatif ini merupakan salah satu upaya kami untuk mendorong perkembangan penjual di wilayah Jawa Timur. Ke depan, kami akan terus berinovasi menciptakan berbagai kolaborasi," ucapnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement