Kamis 03 Aug 2023 00:22 WIB

Berapa Lama Ban Mobil Bisa Dipakai Sebelum Harus Diganti?

Mengemudi di jalur darurat jalan tol bisa mempercepat keuasan ban.

Rata-rata, sebuah ban layak digunakan dengan jarak antara 40.000 km hingga 80.000 km (angka terakhir pada hatchback ringan) sebelum ban tersebut aus. Foto ilustrasi.
Foto:

Waktu dan paparan sinar UV akan membunuh ban sama efektifnya dengan memakainya. Periksa ban yang lebih tua untuk tanda-tanda retak pada kompon karet dan, jika ada, jangan pernah berpikir untuk mengendarai mobil dengan ban seperti itu. Sebuah ledakan bisa terjadi di sekitar sudut. Secara harfiah.

Jika Anda ingin akan menyimpan ban

Jika Anda akan menyimpan ban untuk waktu yang lama sebelum menggunakannya, tempat yang sejuk dan gelap adalah tempat terbaik untuk menyimpan ban.

Tapi bagaimana dengan mobil bekas yang baru saja Anda beli? Salah satu hal pertama yang harus Anda tanyakan adalah berapa umur ban saya?

Jika diperhatikan dengan seksama, setiap ban pasti memiliki kode tanggal. Kode ini akan dicetak dengan baik di dinding samping dan akan menjadi angka empat digit. Dua digit pertama menunjukkan minggu pembuatan ban dan dua digit terakhir menunjukkan tahun pembuatannya. Jadi, ban dengan kode tanggal 1622 diproduksi pada minggu ke-16 tahun 2022.

Pemeliharaan

Ban seperti hal lainnya pada mobil; merawat mereka dan mereka akan bertahan lebih lama dan bekerja lebih baik.

Mempertahankan tekanan ban yang benar mungkin adalah hal terbesar yang diabaikan oleh kebanyakan pemilik mobil, dan ini benar-benar perlu diperiksa setiap bulan karena ban akan kehilangan tekanan hanya dengan diam saja.

Dengan membiarkan tekanan pemompaan turun, ban akan menjadi lebih panas (melalui lebih banyak distorsi) dan tapak serta konstruksi ban akan terganggu.

Memutar ban tidak selalu memungkinkan pada beberapa mobil, karena memiliki roda dan ban yang lebih besar di poros belakang, dibandingkan dengan ban depan, atau ban arah yang dirancang untuk bekerja paling baik dalam satu arah.

Namun jika memungkinkan, ban dapat dirotasi dari sisi ke sisi bahkan dari belakang ke depan untuk meratakan keausan dan memperpanjang umur ban.

Menjaga keseimbangan roda juga akan membantu mencegah terjadinya pola keausan yang aneh, belum lagi membuat mobil jauh lebih enak dikendarai.

Masa pakai ban lebih erat kaitannya dengan perawatan daripada yang dipikirkan banyak orang, dan pertanyaan tentang berapa lama ban harus bertahan terkait langsung dengan seberapa baik Anda merawatnya.

Kualitas

Ban mobil adalah salah satu benteng terakhir dari pernyataan bahwa Anda hanya mendapatkan apa yang Anda bayar. Ban murah hanya itu; murah. Mereka tidak akan menawarkan cengkeraman atau keamanan sebanyak itu dan mereka akan lebih cepat aus.

Namun terkadang, kebalikannya juga belum tentu benar, dan semakin baik kualitas ban, semakin sedikit masa pakai yang ditawarkannya.

Itu karena ban berperforma sangat tinggi sering dibuat dengan senyawa tapak yang sangat lembut (yang membuatnya menempel di jalan dan meningkatkan penanganan dan kemudi) yang lebih cepat aus.

Pengemudi yang antusias mengetahui hal ini dan akan lebih cepat memakai ban yang lebih mahal atas nama cengkeraman dan performa, belum lagi keselamatan. Pedang bermata dua, kualitas ban.

Ban yang tahan lama, sering kali tidak menawarkan daya cengkeram yang sama, tetapi umur ban rata-rata dari produk kompon yang lebih keras harus lebih besar, semua hal lain dianggap sama.

Jadi pastikan mereka tepat untuk kondisi lokal. Outlet spesialis retail ban adalah teman Anda di sini. Pengecer semacam itu juga tempat untuk menanyakan berapa harga ban, peringkat keausan ban apa saja yang berlaku dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengganti ban, karena sering kali toko-toko ini akan mengganti keempat ban mobil Anda saat Anda menunggu.

Bahkan pertanyaan paling mendasar seperti ban apa yang saya butuhkan dapat dijawab dengan keahlian yang tidak akan Anda dapatkan dari toko ban online.

Dan inilah tips lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa Anda membeli ban yang legal di Indonesia, misalnya, dan sesuai dengan kondisi alamnya.

sumber : Carsguide.com.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement