Kamis 03 Aug 2023 00:22 WIB

Berapa Lama Ban Mobil Bisa Dipakai Sebelum Harus Diganti?

Mengemudi di jalur darurat jalan tol bisa mempercepat keuasan ban.

Rata-rata, sebuah ban layak digunakan dengan jarak antara 40.000 km hingga 80.000 km (angka terakhir pada hatchback ringan) sebelum ban tersebut aus. Foto ilustrasi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Rata-rata, sebuah ban layak digunakan dengan jarak antara 40.000 km hingga 80.000 km (angka terakhir pada hatchback ringan) sebelum ban tersebut aus. Foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,Ini sebenarnya bukan pertanyaan sederhana, karena ada beberapa metrik yang dapat digunakan untuk menilai ban siap diganti. Artinya banyak juga faktor yang menentukan berapa lama ban bertahan.

Bagaimana mobil itu dikemudikan, bagaimana perawatannya, seberapa jauh perjalanannya, ke mana perginya dan berapa umur bannya, adalah faktor-faktor dalam menjawab pertanyaan ini.

Baca Juga

Tidak ada aturan yang baku tentang berapa lama ban bertahan, dan seberapa sering kita harus mengganti ban.

Juga tidak ada aturan yang mengikat pada merek. Apakah harapan hidup ban Bridgestone lebih besar dari Pirelli atau Dunlop, atau Goodyear atau merek lain, tergantung pada ban itu sendiri dan seperti apa ban itu dirancang oleh produsen.

Pemakaian

Mengenai berapa lama ban mobil bertahan, negara seperti  Australia, misalnya berbeda dengan negara lain. Kondisi Australia jauh lebih sulit daripada banyak tempat dengan suhu ekstrim dan permukaan jalan yang bisa jadi tidak akan dipercaya oleh pengemudi di negara lain. Jadi keausan ban adalah masalah besar.

Saat ban hanya memiliki sedikit kedalaman tapak yang tersisa, ban tidak akan seaman yang seharusnya – terutama dalam kondisi basah – jadi sudah waktunya untuk menggantinya.

Ban memiliki tonjolan kecil di dalam alur tapak yang disebut indikator keausan tapak. Saat tapak sudah aus di bagian mana pun dari ban hingga hampir sejajar dengan tonjolan kecil, ban sudah selesai atau tidak layak lagi digunakan.

Jika tapaknya sejajar dengan indikator keausan tapak, ban tersebut sudah melewati masa pakainya dan secara teknis dan hukum tidak laik jalan.

Tidak ada aturan keras dan cepat tentang berapa lama ban bertahan dalam beberapa kilometer.

.Jadi, periksalah indikator ini secara teratur dan pastikan Anda memeriksa seluruh lebar ban, bukan hanya satu titik.

Rata-rata, sebuah ban layak digunakan dengan jarak antara 40.000 km hingga 80.000 km (angka terakhir pada hatchback ringan) sebelum ban tersebut aus.

Jarak ini sebagian besar akan tergantung pada gaya mengemudi Anda. Akselerasikan dengan keras dan rem dengan keras dan Anda akan menghabiskan ribuan kilometer dari ban. Berkendaralah dengan lembut dan lancar dan Anda pasti akan memperpanjang umur ban.

Permukaan jalan yang kasar juga dapat mempersingkat masa pakai ban, begitu juga dengan menderek trailer atau bahkan membawa truk bermuatan berat. Mobil dengan suspensi yang lebih rendah juga dapat mengalami keausan  dini karena sudut suspensi yang aneh yang dibuat oleh pegas yang lebih pendek.

Kerusakan

Ban kempes - atau bahkan setengah kempes - dapat merusak ban jika Anda terus mengendarainya dengan tekanan udara yang tidak mencukupi.

photo
Ban mobil tidak boleh kempes karena akan merusak ban kalau terus dikendarai. - (Firkah Fansuri)

 

Saat bangkai ban menjadi semakin panas berkat deformasi yang disebabkan oleh tekanan pemompaan yang rendah, kompon karet menjadi semakin panas hingga mulai rusak secara fisik. Pada titik mana ban akan terpanggang.

Beberapa tusukan dapat diperbaiki sementara dengan sumbat, dan lebih permanen dengan tambalan jika kerusakan terjadi pada bagian tapak ban (bukan dinding samping) dan merupakan lubang yang lebih kecil dan seragam, bukan robekan atau robekan yang besar.

Kerusakan apa pun pada dinding samping seperti gouge dari kerbing atau kerusakan apa pun pada struktur bagian dalam ban juga berarti tirai untuk ban tersebut.

Sayangnya, jalan kita penuh dengan potongan-potongan kecil logam dan paku dan sekrup yang terlepas dari kendaraan roda dua, dan ban kempes cukup umum terjadi.

Mengemudi di jalur darurat jalan tol (di mana semua sampah berkumpul) juga merupakan cara yang bagus untuk merusak ban. Ban yang bagus, bahkan ban yang sangat bagus, rentan terhadap jenis kerusakan ini seperti ban murah.

Waktu

Tidak ada yang bertahan selamanya dan ban tidak terkecuali aturan itu. Sebagian besar spesialis akan memberi tahu Anda bahwa tujuh atau delapan tahun adalah jarak tempuh yang cukup bagus untuk satu set ban. Sementara usia ban 10 tahun sebagai maksimum absolut yang harus Anda ambil risiko, bahkan jika mobil hanya menempuh jarak beberapa ratus kilometer dalam waktu itu.

 

sumber : Carsguide.com.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement