Senin 10 Jul 2023 11:55 WIB

Mobil Listrik China Lebih Pilih Thailand untuk Investasi, Indonesia tak Dilirik?

BYD akan memproduksi mobil listrik di Thailand untuk pasar negara ASEAN.

Mobil listrik Good Cat by Ora, merek Great Wall Motors, ditampilkan di Bangkok International Motor Show di Bangkok, Thailand, 22 Maret 2022.
Foto: Reuters
Mobil listrik Good Cat by Ora, merek Great Wall Motors, ditampilkan di Bangkok International Motor Show di Bangkok, Thailand, 22 Maret 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,Produsen mobil listrik (EV) China telah membanjiri Thailand dengan investasi, setelah berkomitmen menanamkan modal 1,44 miliar dolar AS dalam fasilitas produksi di pusat pembuatan mobil terbesar di Asia Tenggara yang telah lama didominasi oleh perusahaan Jepang.

Gelombang investasi baru ini telah didukung oleh pemerintah Thailand, yang telah meluncurkan insentif dan merayu perusahaan China, dengan target untuk mengubah sekitar 30 persen dari produksi kendaraan tahunan negara tersebut menjadi EV pada tahun 2030.

Baca Juga

Great Wall Motor China pertama kali masuk Thailand pada tahun 2020 ketika mengakuisisi sebuah pabrik General Motors.  Perusahaan China ini menghabiskan 22,6 miliar baht (647,38 juta dolar AS)  untuk menjadikan pabrik tersebut sebagai pusat produksi regional untuk EV dan mobil hybrid.

Great Wall Motor akan mulai memproduksi Ora Good Cat, mobil listrik compact yang populer di Thailand tahun depan, dan juga membawa anak perusahaannya MIND Electronics, HYCET, dan Nobo Auto yang memproduksi elektronik, powertrains, dan tempat duduk.

Sementara itu,  China SAIC Motor, yang memiliki MG Motor dan bermitra dengan konglomerat Thailand Charoen Pokphand Group, meluncurkan EV pertamanya di negara tersebut pada tahun 2019.

Menurut SAIC, perusahaan menginvestasikan 500 juta baht untuk memperluas pabrik yang ada untuk suku cadang EV dan manufaktur baterai.

Raksasa EV China BYD menginvestasikan 17,9 miliar baht untuk mendirikan fasilitas baru di Thailand yang akan mulai memproduksi 150 ribu mobil penumpang per tahun mulai 2024. Produk tersebut beberapa di antaranya akan diekspor ke negara-negara Asia Tenggara dan Eropa.

Hozon New Energy Automobile China juga bekerja sama dengan Majelis Umum Bangchan Thailand untuk memproduksi secara lokal model NETA V listrik mulai tahun depan.

Beberapa kesepakatan juga sedang dalam proses, menurut Dewan Investasi Thailand (BOI), yang selama ini mengejar produsen mobil China untuk menanamkan modal di negara Gajah Putih tersebut.

Menurut BOI, Chongqing Changan Automobile perusahaan otomotif milik pemerintah China, yang bermitra dengan Ford dan Mazda, akan menginvestasikan 9,8 miliar baht untuk mendirikan pabrik EV setir kanan pertama di luar China.

GAC Aion, anak perusahaan dari produsen mobil milik pemerintah Guangzhou Automobile Group (GAC) berencana menginvestasikan lebih dari 6,4 miliar baht untuk memproduksi EV di Thailand.

Chery Automobile China , yang pertama kali meluncurkan EV yang dikembangkan sendiri pada tahun 2009, "sangat tertarik" untuk berinvestasi di Thailand dan berencana memasuki pasar awal tahun depan.

Chongqing Changan, GAC dan Chery tidak menanggapi permintaan komentar atas rencana mereka ke Thailand.

Pembuat mobil Cina Geely juga dalam tahap awal merencanakan masuk ke Thailand, Reuters melaporkan pada bulan Mei, termasuk menimbang model untuk impor dan manufaktur lokal.

Popularitas mobil listrik meningkat

Masuknya model China tampaknya membantu meningkatkan popularitas EV di Thailand, pasar mobil terbesar kedua di Asia Tenggara.

Pada paruh pertama tahun 2023, lebih dari 31.000 EV terdaftar di Thailand. Angka itu menurut BOI, naik lebih dari tiga kali lipat dari jumlah penjualan EV sepanjang tahun 2022.

Kesenjangan harga antara EV dan mobil bermesin bakar juga menyempit, sebagian karena subsidi pemerintah.

Varian termurah Ora Good Cat dari Great Wall - EV terlaris di Thailand tahun lalu - saat ini berharga sekitar 828.500 baht, sedangkan NETA V dari Hozon dihargai 549.000 baht, menurut situs web perusahaan.

Di situs web Toyota  Thailand, Corolla Altis dihargai 894.000 baht dan Yaris Ativ seharga 549.000 baht.

Sementara itu, pemerintah Indonesia masih terus bernegosiasi dengan produsen mobil listrik China. Salah satunya dengan BYD. Namun komitmen investasi dari BYD, belum terwujud.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement