Sabtu 08 Jul 2023 17:46 WIB

Salurkan KUR Prakerja, BNI Dukung Peningkatan Jumlah Wirausaha

BNI mendukung peningkatan jumlah wirausaha dengan KUR Prakerja.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ahmad Fikri Noor
Gedung Menara BNI.
Foto: BNI
Gedung Menara BNI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan jumlah dan kualitas wirausaha di Indonesia melalui program graduasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Prakerja. Melalui program ini, para alumni Program Kartu Prakerja yang memiliki minat atau telah menjadi wirausaha diberikan kemudahan untuk mengajukan KUR di BNI dengan cepat, mudah, dan biaya yang terjangkau.

BNI sebagai agent of development berperan melakukan pengelolaan rekening pemerintah Dana Kartu Prakerja dan mitra pembayaran dana insentif Program Kartu Prakerja bersama mitra e-wallet, BNI juga berperan sebagai penyalur KUR bagi para alumni Prakerja. Program KUR Prakerja telah diluncurkan oleh pemerintah sejak 2021.

Baca Juga

Program KUR Prakerja bertujuan untuk mendorong semakin banyak alumni Program Kartu Prakerja untuk menjadi wirausaha dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Dalam menghadapi bonus demografi yang akan dialami Indonesia dalam beberapa tahun mendatang, peningkatan jumlah wirausaha yang mampu membuka lapangan kerja yang luas menjadi prioritas utama.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, BNI berkomitmen untuk menyediakan solusi perbankan end-to-end yang mendukung alumni Prakerja dalam mencapai kelulusan. "BNI memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung Pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan jumlah wirausaha di Indonesia melalui program graduasi KUR Prakerja," ujar Okki melalui siaran pers, Jumat (7/7/2023).

 

BNI, lanjut Okki, berkomitmen untuk terus memberikan solusi perbankan yang inklusif, baik dalam hal transaksi maupun pembiayaan, bagi para alumni Kartu Prakerja dengan menghadirkan layanan KUR BNI mulai dari Super Mikro, Mikro, hingga KUR Kecil.

Dia mencontohkan, para alumni program Kartu Prakerja yang merupakan pengusaha baru dapat mengajukan KUR Super Mikro untuk tambahan modal usaha. Skema KUR Super Mikro ini memiliki perbedaan dengan skema KUR pada umumnya karena tidak mensyaratkan minimal lama usaha.

Meski demikian, calon penerima KUR Super Mikro yang belum memiliki usaha selama 6 bulan diwajibkan mengikuti program pelatihan atau pendampingan usaha. "Ke depannya BNI akan terus berupaya memberikan solusi perbankan end-to-end bagi para alumni Prakerja, baik dalam hal transaksi maupun pembiayaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kualitas wirausaha di Indonesia," ujar Okki.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement