Kamis 06 Jul 2023 23:59 WIB

Mendag Berkomitmen Tingkatkan Talenta Muda Bidang Fesyen

Mendag menilai produk-produk busana lokal memiliki kualitas yang kompetitif

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong untuk bangga terhadap produk dalam negeri.
Foto: istimewa/doc humas
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong untuk bangga terhadap produk dalam negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan berkomitmen memberikan perhatian penuh untuk meningkatkan talenta-talenta muda kreatif di bidang fesyen guna terus berkarya.

Menurut Zulkifli, produk-produk busana lokal memiliki kualitas yang kompetitif dan harga yang bersaing dengan produk asing. Ia ingin industri dalam negeri terus berkembang dan memastikan kehadiran pemerintah dalam pengembangan industri lokal.

"Saya ingin membantu talenta-talenta muda kreatif sekaligus membantu industri dalam negeri kita," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Menurut Mendag, produk-produk buatan lokal saat ini telah memiliki standar yang baik. Produk-produk tersebut layak bersaing dengan produk sejenis buatan luar negeri. Ia berharap, produk lokal akan semakin diminati masyarakat Indonesia sendiri.

"Saya lihat kualitasnya tidak kalah. Misalnya jaket. Di pameran ini (Jakcloth, Jakarta) saya lihat harganya Rp300 ribu, tapi kalau beli jaket dari luar negeri harganya bisa jadi 300 dolar AS. Produk lokal kita dari segi harga, model, hingga kualitasnya tidak kalah bersaing," kata Zulkifli.

Mendag menyampaikan pameran produk busana lokal sebisa mungkin tidak hanya diselenggarakan di Jakarta. Ia berharap hal ini bisa berkembang di daerah lain.

Zulkifli ingin semangat inklusif dan saling dukung terbangun antarprodusen busana lokal di seluruh wilayah Indonesia."Rencana yang akan datang, kami akan kerja sama dengan Jakcloth. Tidak hanya di Jakarta, nanti akan kerja sama untuk buka di daerah-daerah lain di Indonesia," ujarnya.

Zulkifli menyampaikan pemerintah berupaya membuka pasar ekspor baru ke negara-negara tujuan ekspor nontradisional, seperti Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika. Ia berharappara produsen lokal mampu melihat peluang tersebut dan menggarap pasar baru yang potensial.

Selain itu, Mendag mendukung promosi di tingkat global dengan mengikutsertakan talenta-talenta muda berprestasi untuk menunjukkan karya mereka dalam pergelaran-pergelaran busana pekan mode di sejumlah negara. Ia berkomitmen melindungi perkembangan industri lokal dengan menindak tegas pakaian bekas impor ilegal.

Mendag mengajak masyarakat luas untuk mencoba membeli produk busana lokal dan mendapatkan pengalaman sendiri saat menggunakan produk lokal.

"Kita negara besar, punya anak muda dengan talenta-talenta hebat, karyanya bagus-bagus. Banggalah buatan Indonesia. Ayo kita beli buatan Indonesia," ujar Zulkifli.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement