Rabu 28 Jun 2023 14:47 WIB

PLN Maluku Utara Pelihara Pasokan Listrik Jelang Idul Adha

Pemeliharaan ini untuk menghindarkan gangguan yang dapat membuat listrik padam.

Petugas PLN memperbaiki jaringan kabel listrik.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas PLN memperbaiki jaringan kabel listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (Malut) melakukan pemeliharaan dan pengamanan pasokan listrik terutama dalam menjelang perayaan Idul Adha 1444 Hijriah/2023.

"Melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo, pemeliharaan dilakukan dari sisi jaringan distribusi agar penyaluran listrik dapat dilaksanakan secara optimal di kawasan tersebut," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula dilansir Antara di Ternate, Rabu (28/6/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, pemeliharaan ini dilakukan untuk memastikan pasokan listrik yang andal dan terus-menerus kepada masyarakat. "Kami harus memastikan kondisi kelistrikan berjalan dengan andal setiap harinya sehingga pelanggan dapat menikmati perayaan hari raya maupun libur panjang dengan tenang dan nyaman," kata Awat.

Ia menyebut, dalam pelaksanaannya, Manager PLN UP3 Tobelo terus berupaya lakukan langkah preventif ini untuk menghindari pemadaman listrik. Kegiatan perawatan aset-aset kelistrikan secara berkala rutin kami lakukan sebagai upaya preventif agar dapat menghindari potensi terjadinya gangguan listrik yang menyebabkan padam.

Dia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan meliputi perbaikan dan pemeliharaan gardu hubung, penggantian isolator, pemeliharaan jalur Right of Way (ROW), terutama pemangkasan pohon yang dekat dengan jaringan distribusi.

Dia menerangkan, Gardu hubung, yang merupakan titik penting dalam distribusi listrik, berfungsi sebagai pusat penghubung diantara jaringan distribusi. "Upaya perbaikan dan pemeliharaan ini juga kami lakukan untuk meningkatkan Reability dan Availability peralatan 20 kV yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya kegagalan atau kerusakan peralatan, meningkatkan keamanan peralatan, serta mengurangi durasi waktu padam apabila terjadi gangguan," jelas Sarif.

Pihaknya berkomitmen untuk terus berupaya dalam meningkatkan keandalan pendistribusian aliran listrik di Halmahera Utara, serta mendukung Program Outage Management dan Yantek Optimization yang telah dicanangkan PT PLN (Persero).

"Kami berharap partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga keandalan pasokan listrik minimal dengan cara mengikhlaskan pohon atau tanaman produktif yang dimiliki untuk dapat ditebang oleh petugas serta tidak bermain layang-layang terutama dengan menggunakan tali kawat disekitar jaringan listrik, agar kita dapat melaksanakan ibadah Idul Adha dengan khusuk tanpa adanya gangguan listrik," kata Sarif.

Apabila terjadi gangguan listrik, pelanggan dapat segera menghubungi melalui Aplikasi PLN Mobile yang dapat di akses 24 Jam nonstop sehingga petugas dapat segera menuju ke lokasi dimana terjadinya gangguan.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement