Senin 26 Jun 2023 15:27 WIB

Honda Mobil Kerja Sama dengan UI Kembangkan Teknologi Elektrifikasi 

Honda dan UI memiliki visi yang sama menciptakan ekosistem ramah lingkungan.

PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) terkait dengan program elektrifikasi di Depok, Senin (26/6/2023).
Foto: Republika/Firkah Fansuri
PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) terkait dengan program elektrifikasi di Depok, Senin (26/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK– PT Honda Prospect Motor (HPM) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI). Kerja sama itu meliputi bidang edukasi dan riset teknologi elektrifikasi.

President Director PT Honda Prospect Motor Kotaro Shimizu mengatakan, HPM dan UI memiliki visi yang sama dalam menciptakan ekosistem yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga

”Kerja sama ini merupakan jembatan antara industri dan akademisi dalam mewujudkan elektrifikasi di Indonesia melalui edukasi dan riset,” kata Shimizu di Balai Sidang UI, Depok, Jawa Barat, Senin (26/7/2023).

Shimizu mengtakan, Honda memiliki tujuan untuk mengurangi dampak lingkungan dan memberikan solusi yang berkelanjutan bagi masyarakat dan generasi mendatang.

 

Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia Dedi Priadi mengatakan, UI berkomitmen untuk mengurangi emisi di area kampus. Upaya mengurangi emisi ini salah satunya ditempuh dengan menerapkan solusi transportasi berkelanjutan, melalui promosi transportasi umum, penggunaan sepeda atau berjalan kaki, serta penciptaan kendaraan listrik. 

Dedi mengatakan sejalan dengan visi dan misi UI, sebagai produsen produk mobilitas, Honda juga memiliki visi global untuk mewujudkan masyarakat bebas karbon (net zero emission) pada tahun 2050. “Keseriusan ini dibuktikan dengan adanya Honda e:Technology yang merupakan inisiatif Honda untuk menciptakan produk berteknologi elektrifikasi,” ujarnya di tempat yang sama.

Kerja sama kedua lembaga itu ini ditandai dengan memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Dedi Priadi dan President Director PT HPM Kotaro Shimizu, serta Senior Vice President Director PT HPM, Benawati Abas.

Perwujudan dari kerja sama ini Honda meminjamkan dua unit mobil listrik Honda e, satu unit sepeda motor Honda PCX Electric dan satu unit power product Honda’s LiB-AID E500 untuk mendukung mobilitas dan kegiatan pembelajaran di lingkungan UI.

Honda mendonasikan satu EV charging station yang digunakan untuk mengisi daya baterai Honda e. Honda juga mendonasikan satu unit mobil dengan mesin yang ramah lingkungan, Honda Brio sebagai alat penelitian untuk mahasiswa Teknik Universitas Indonesia.

Sebagai bagian dari transfer pengetahuan, Honda memberikan kelas edukasi dan workshop kepada mahasiswa UI selama tiga tahun di HPM. Tidak hanya berhenti pada penyediaan produk ramah lingkungan, Honda juga turut mendukung tim mahasiswa Universitas Indonesia dalam kegiatan rancang bangun kendaraan hemat energi di ajang Shell Eco Marathon Asia 2023 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 4-9 Juli 2023.

Honda memiliki komitmen untuk mengatasi masalah lingkungan dan energi global dengan berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Honda akan menghadirkan produk ramah lingkungan melalui mobil hybrid yang akan diluncurkan pada 2023.

Sementara, Universitas Indonesia merupakan peringkat pertama di Indonesia dalam UI GreenMetric sebagai universitas yang mengedepankan penghijauan melalui berbagai program ramah lingkungan yang meliputi seluruh aktivitas. UI GreenMetric merupakan gerakan yang diinisiasikan oleh Universitas Indonesia untuk memeringkatkan penghijauan di lingkungan universitas.

UI GreenMetric telah dimulai sejak 2010 dan telah diikuti lebih dari 1.000 universitas di berbagai negara di dunia. Penilaian dari gerakan ini dilandasi atas tiga pilar, yaitu lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial yang terkait dengan energi keberlanjutan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement