Sabtu 24 Jun 2023 04:41 WIB

Selain Indonesia, 5 Negara Ini Lebih Dulu Memiliki Kereta Tercepat di Dunia

Jepang adalah negara pertama yang mengembangkan kereta api berkecepatan tinggi.

Replika seukuran asli dari kereta TGV berkecepatan tinggi berikutnya terlihat di stasiun Gare de Lyon di Paris, Prancis, (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/Michel Euler
Replika seukuran asli dari kereta TGV berkecepatan tinggi berikutnya terlihat di stasiun Gare de Lyon di Paris, Prancis, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Baru-baru ini, Kereta Cepat Jakarta Bandung baru diujicoba. Jika proyek ini berjalan lancar ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kereta cepat.

Kereta Cepat Jakarta Bandung tercatat memiliki kecepatan maksimum 385 kilometer per jam. Selain Indonesia, sejumlah negara sudah lebih dulu memiliki kereta cepat. Dilansir dari laman Railway Technology berikut lima kereta cepat dari lima negara di dunia:

Baca Juga

1. Shanghai Maglev: 460km/jam (Cina)

Shanghai Maglev dikenal sebagai Shanghai Transrapid, berada di puncak daftar dengan kecepatan operasi maksimum 460 km/jam dan kecepatan rata-rata 251 km/jam. Ini memiliki rekor kecepatan tinggi 501km / jam. Shanghai Maglev menggunakan gaya elektromagnetik untuk melayang di atas lintasan, menghilangkan gesekan dan memungkinkan perjalanan yang sangat mulus dan tenang.

2. The ICE 3: 320 km/jam (Jerman)

Kereta ICE 3 beroperasi pada kecepatan lintasan kereta api berkecepatan tinggi maksimum nasional 320km/jam di Jerman, tetapi telah mengalahkan pesaing mereka dalam daftar ini karena fakta bahwa kelas 403 diizinkan untuk melaju dengan kecepatan 330km/jam di jalur berkecepatan tinggi antara Frankfurt dan Cologne.

3. TGV: 320km/jam (Prancis)

Train à Grande Vitesse, atau TGV, merupakan kereta yang sangat ikonik. TGV merupakanpelopor kereta api berkecepatan tinggi di Eropa telah memecahkan rekor untuk kecepatan tertinggi, berulang kali, sejak awal. Modifikasi TGV Pos pada 2007 bahkan memecahkan rekor dunia mencapai 574, 8 km/jam. Kereta ini juga tak hanya dioperasikan di seputara Prancis tapi sudah antarnegara. Namun untuk pengoperasioan harian TGV berjalan dengan kecepatan 320 km/ jam di Prancis.

 

4. Shinkansen Jepang sebagai pelopor kereta cepat pertama...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement