Jumat 23 Jun 2023 16:20 WIB

Perlambatan Ekonomi Bikin ECB Dilema dalam Membuat Kebijakan

Kenaikan suku bunga ECB sebesar 400 basis poin semakin memperlambat perekonomian.

Bank Sentral Eropa berlokasi di dekat sungai Main di Frankfurt, Jerman, Selasa, 13 Desember 2022. Dewan pengatur ECB akan bertemu pada hari Kamis.
Foto:

Memang, tingkat pengangguran berada pada titik terendah dalam sejarah dan pertumbuhan upah nominal berada pada titik tertinggi dalam beberapa dekade, bahkan jika upah baru saja naik setelah inflasi mengikis nilai riilnya.

Data PMI hari Jumat hanya mengkonfirmasi tren ini, karena perusahaan masih meningkatkan jumlah karyawan bulan ini, dengan indeks ketenagakerjaan di 54,1, sedikit di bawah 54,6 di bulan Mei.

Untuk saat ini, para pendukung kebijakan yang lebih mengkhawatirkan inflasi daripada resesi, tampaknya menjadi mayoritas.

"Seperempat lagi pertumbuhan PDB negatif tidak terbayangkan, meskipun kemerosotan saat ini jelas masih cukup ringan bagi Bank Sentral Eropa untuk tidak mengubah arah kenaikan suku bunga," kata ekonom ING Bert Colijn.

 

ECB secara de facto telah menjanjikan kenaikan suku bunga pada bulan Juli dan beberapa pembuat kebijakan juga telah menetapkan satu langkah lagi, menjadi 4 persen, untuk bulan September atau Oktober. Kejutan nyata hari Jumat adalah bahwa data PMI yang mencakup industri jasa merosot menjadi 52,4 dari 55,1, jauh di bawah perkiraan rata-rata 54,5.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement