Jumat 23 Jun 2023 06:10 WIB

BI akan Luncurkan Transfer, Tarik, dan Setor Tunai Lewat QRIS pada Agustus 2023

BI akan meluncurkan fitur baru QRIS pada Agustus 2023.

Rep: Novita Intan/ Red: Ahmad Fikri Noor
Jamaah melakukan donasi dengan menggunakan fitur QRIS.
Foto: Republika/Prayogi
Jamaah melakukan donasi dengan menggunakan fitur QRIS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) akan merilis fitur baru dari Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) per Agustus 2023. Nantinya, QRIS bisa digunakan untuk transfer, tarik tunai, hingga setor tunai (QRIS Tuntas). Sebelumnya, QRIS hanya bisa dipakai pembayaran.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta mengatakan, fitur ini sudah disiapkan sejak 2021 dan pada 2022 sudah dilakukan soft launching.

Baca Juga

“QRIS tarik tunai, transfer, dan setor namanya kita ganti QRIS Tuntas. Jadi kita sudah lakukan sejak 2021, kemudian 2022 Pak Gubernur (Gubernur BI Perry Warjiyo) lakukan soft launching di Bali. Nanti, mudah-mudahan grand launching bisa kita lakukan pada Agustus sebagai ulang tahun kemerdekaan RI,” ujarnya saat konferensi pers, Kamis (22/6/2023).

Menurutnya saat ini sudah ada 16 merchant yang akan mengimplementasikan QRIS Tuntas. Menurut dia, fitur ini memiliki tiga manfaat dalam meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital.

Pertama, optimalisasi source of fund. Artinya, sumber dana bisa digunakan bermacam-macam, bukan hanya simpanan tapi juga uang elektronik.

Kedua, meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas. “Ini tiga fitur bisa dilakukan bank dengan bank, bank dengan nonbank, dan nonbank dengan nonbank. Jadi ini akan semakin terintegrasi,” ucapnya.

Ketiga, meningkatkan inklusi keuangan karena tarik tunai dan setor bisa dilakukan di wilayah 3T atau terdepan, terluar, dan terpencil.

“Jadi nanti bisa memanfaatkan jangkauan dari merchant QRIS. Kalau tidak ada ATM, tidak apa-apa. Tidak ada bank tidak apa-apa. Sepanjang ada merchant QRIS, itu bisa dilakukan,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement