Rabu 14 Jun 2023 10:33 WIB

Jokowi: Dari Rp 10 M Anggaran Stunting, Rp 6 M Habis untuk Rapat dan Perjalanan Dinas

Dana untuk pembelian susu, telur, dan protein lainnya tidak sampai Rp 2 miliar.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Foto ilustrasi saat penyaluran bantuan pangan di halaman Kantor Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/5/2023). Jokowi minta anggaran stunting dioptimalkan.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Foto ilustrasi saat penyaluran bantuan pangan di halaman Kantor Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/5/2023). Jokowi minta anggaran stunting dioptimalkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal mengetahui anggaran daerah yang digunakan untuk berbagai program prioritas justru tidak digunakan secara optimal. Ia pun menyebut telah mengecek salah satu anggaran di suatu daerah untuk program penurunan angka stunting.

Dari total dana Rp 10 miliar yang dianggarkan untuk program stunting, Jokowi menyebut hanya sebanyak Rp 2 miliar yang dimanfaatkan secara konkret. Sedangkan Rp 8 miliar lainnya digunakan untuk kepentingan perjalanan dinas, rapat, serta program penguatan dan pengembangan lainnya.

Baca Juga

Hal ini disampaikan Jokowi dalam sambutannya di acara peresmian pembukaan rakornas pengawasan intern pemerintah tahun 2023, Jakarta, Rabu (14/6/2023).

“Contoh, ada anggaran stunting Rp 10 miliar, coba cek liat betul untuk apa Rp 10 miliar itu. Jangan membayangkan nanti ini dibelikan telur, susu, protein, sayuran Rp 10 miliar. Coba dilihat detil, baru saja minggu yang lalu saya cek di APBD Mendagri, coba saya mau lihat Rp 10 miliar untuk stunting. Cek perjalanan dinas Rp 3 miliar, rapat-rapat Rp 3  miliar, penguatan pengembangan apa-apa blablabla Rp 2 miliar, yang untuk bener-bener beli telur itu ga ada Rp 2 miliar. Kapan stunting-nya akan selesai kalau caranya seperti ini,” kata Jokowi.

Karena itu, Jokowi menegaskan agar cara penganggaran seperti itu harus diubah. Seharusnya, kata dia, sebanyak Rp 8 miliar dari Rp 10 miliar yang dianggarkan digunakan langsung untuk pengadaan makanan sehat bagi masyarakat.

Baca Juga: Penyaluran Bantuan Pangan ID Food Tembus 1,3 Juta Keluarga Risiko Stunting

Selain soal anggaran stunting, Jokowi kembali mencontohkan anggaran APBD untuk pengembangan UMKM. Dari total anggaran Rp 2,5 miliar, sebanyak Rp 1,9 miliar di antaranya digunakan untuk honor dan perjalaan dinas. Sedangkan sisanya, yakni Rp 600 juta juga masih digunakan untuk program pemberdayaan, pengembangan, dan lain-lain.

“Itu nanti sisanya yang Rp 0,6 miliar yang Rp 600 juta itu nanti juga masih muter-muter saja. Pemberdayaan, pengembangan, istilah-istilah yang absurd, ga konkret. Langsung ajalah. Itu untuk modal kerja, untuk beli mesin produksi, untuk marketing, ya kalau pengembangan UMKM kan mestinya itu, untuk pameran, jelas,” kata Jokowi menegaskan.

Jokowi singgung anggaran pembangunan balai di daerah...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement