Ahad 11 Jun 2023 17:54 WIB

BI Perkuat Layanan Kesentralan kepada Mitra Strategis

Fun Walk dilengkapi dengan penyaluran Program Dedikasi untuk Negeri.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
PERINGATAN 100 TAHUN BANK INDONESIA ACEH (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/AMPELSA
PERINGATAN 100 TAHUN BANK INDONESIA ACEH (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Central Banking Services Festival 2023 (CBFest 2023) yang mengusung tema Leveraging Digital Central Banking Services for Economic Recovery dimulai dengan kegiatan Fun Walk atau jalan sehat bersama hari ink (11/6/2023) yang melibatkan seluruh pengguna layanan kebanksentralan di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta.

"CBFest menjadi momentum BI untuk meningkatkan layanan kebanksentralan bagi mitra strategis serta stakeholders," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (11/6/2023).

Dia menjelaskan, penyelenggaraan layanan kebanksentralan bertujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia di bidang moneter. Begitu juga dengan bidang makroprudensial dan sistem pembayaran serta pengelolaan uang rupiah.

"CB Fest juga ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat berbagai hal tentang layanan kebanksentralan," ucap Erwin.

Sebagai bank sentral, Erwin mengatakan BI memiliki tugas melaksanakan layanan jasa kebanksentralan dalam perannya sebagai pemegang kas pemerintah. Hal tersebut sesuai dalam Pasal 52 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Erwin memastikan, BI senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, serta penguatan infrastruktur layanan kebansentralan secara elektronik melalui digitalisasi.

"Ini untuk menjawab  kebutuhan pengguna antara lain Kementerian Keuangan, perbankan, dan lembaga selain bank dan mitra strategis lainnya salah satunya melalui  penyelenggaraan CBFest 2023," jelas Erwin.

Untuk memperkuat manfaat kegiatan ramah lingkungan ini, Fun Walk dilengkapi dengan penyaluran Program Dedikasi untuk Negeri Bank Indonesia kepada Yayasan Kota Tua berupa unit stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik (EV Car) dan sarana pendukung rumah ibadah di kawasan Kota Tua. Erwin menjelaskan, upaya tersebyt sejalan dengan komitmen Bank Indonesia dalam mendukung Green Economy and Green Environment dalam meningkatkan kenyamanan dan kawasan bersejarah yang ramah lingkungan.

Setelah kick off tersebut, kegiatan CBFest 2023 selanjutnya adalah Road to Summit yaitu penyelenggaraan National Talks dan Forum Koordinasi Perizinan dan Layanan Kebanksentralan. Lalu diakhiri dengan Summit Events yaitu International Talks dan Forum Koordinasi Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan.

Melalui penyelenggaraan CBFest 2023 tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi dan di tengah ketidakpastian global yang terjadi.

"Bank Indonesia senantiasa membangun sinergi yang erat bersama Pemerintah dalam rangka harmonisasi koordinasi kebijakan moneter dan fiskal," ujar Erwin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement