Ahad 11 Jun 2023 08:52 WIB

ASDP Terapkan Pembayaran Tiket Nontunai di Pelabuhan Cabang Ternate

Transaksi cashles di Pelabuhan Ternate mencapai 226.026 transaksi.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
ASDP telah 100 persen menerapkan pembayaran nontunai atau cashless pada tiga pelabuhan di Ternate
Foto:

Pada 2022, total realisasi transaksi nontunai mencapai 319.131 transaksi dan realisasi transaksi kartu prepaid mencapai 286.460 transaksi. Shelvy mengatakan penerapan system elektronifikasi ini pelabuhan penyeberangan menjadi lebih tertib, aman, lancar, dan nyaman.

“Hal ini juga membuka peluang bisnis baru bagi masyarakat setempat dan mengangkat nama daerah dalam hal penerapan teknologi digitalisasi,” ungkap Shelvy.

Menuju layanan berkelas dunia, Shelvy memastikan, ASDP akan terus melakukan inovasi terbaik untuk mewujudkan layanan penyeberangan dan pelabuhan yang andal. Selain itu juga menjamin efisiensi dan mempunyai daya saing global demi mendukung ekonomi dan keuangan digital serta pemulihan ekonomi nasional.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry, Justan Saffaru menyampaikan sejumlah tantangan dalam pengaplikasian sistem pembayaran cashless, salah satunya masih terbatasnya agen top up kartu prepaid dan pembelian kartu prepaid. Justan menuturkan, hal tersebut mengakibatkan masih banyak pemakai jasa yang melakukan top up dan pembelian kartu di pelabuhan atau go show.

“Selain itu, layanan juga sering terhambat karena terjadi kondisi jaringan internet yang tidak stabil,” tutur Justan.

Menanggapi kendala tersebut, Deputi Direktur Departemen Penyelenggara Sistem Pembayaran Bank Indonesia Jultarda Hutagalung memberikan perhatiannya untuk memperlancar proses pembayaran nontunai. Jultarda mengatakan, ke depan secara berkala akan dilakukan koordinasi dan kolaborasi untuk sosialisasi tekait fungsi dan cara penggunaan cashless tersebut.

“Ragam penggunaan kartu uang elektronik selain terkait pembelian tiket tetapi juga untuk pembayaran lainnya dan tata cara top up akan kita sosialisasikan. Karena itu dibutuhkan sinergi dari seluruh pihak terkait,” jelas Jultarda.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement