Kamis 08 Jun 2023 23:16 WIB

Hari Keamanan Pangan Sedunia, Kadin Dorong Harmonisasi Regulasi Standarisasi Pangan

Kadin harap ada peningkatan standar pangan sekaligus promosikan sistem berkelanjutan

Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menyoroti pentingnya menjaga harmonisasi regulasi standarisasi pangan sebagai usaha untuk meningkatkan ketahanan pangan.
Foto: dok istimewa
Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menyoroti pentingnya menjaga harmonisasi regulasi standarisasi pangan sebagai usaha untuk meningkatkan ketahanan pangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid menyoroti pentingnya menjaga harmonisasi regulasi standarisasi pangan sebagai usaha untuk meningkatkan ketahanan pangan. Hal ini demi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan wilayah ASEAN secara keseluruhan. 

Data dari FAO menunjukkan bahwa sekitar sepertiga dari hasil produksi makanan terbuang percuma, sementara sisi lain, terdapat kelangkaan pangan akibat perubahan iklim. 

Indeks Risiko Iklim pada 2019 juga mengidentifikasi tiga negara ASEAN yang sangat rentan terhadap perubahan iklim, yaitu Myanmar, Filipina, dan Thailand. Bahkan, ASEAN sendiri berkontribusi sebesar delapan persen pada total emisi global.

“Melalui Hari Keamanan Pangan Sedunia yang diperingati 7 Juni, ASEAN perlu untuk melakukan upaya bersama untuk meningkatkan standar keamanan pangan dan mempromosikan sistem pangan yang berkelanjutan, serta menghindari adanya ancaman perubahan iklim yang mengancam ketahanan pangan kita," kata Arsjad dalam keterangan tulis, Kamis (8/6/2023).

 

Hari Keamanan Pangan Sedunia, ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2018, berfungsi sebagai wadah krusial untuk meningkatkan kesadaran dan mendukung pentingnya keamanan pangan di dunia.

Peringatan itu bertujuan untuk memajukan langkah-langkah yang mencegah, mendeteksi, dan mengelola risiko bawaan makanan, demi menjaga kesehatan masyarakat dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

ASEAN-BAC secara aktif mempromosikan inisiatif yang memperkuat ketahanan dan keamanan pangan, seperti mendorong investasi di bidang pertanian, memajukan adopsi teknologi di industri pangan, dan mendorong inovasi seluruh rantai nilai.

Berkaca pada tema Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun ini yaitu "Food Standard, Save Lives" menyoroti pentingnya pemenuhan standar pangan untuk menjaga kesejahteraan. Arsjad menegaskan, standar pangan yang kuat dapat menjamin pangan berkualitas yang mendukung kualitas hidup. 

“Komitmen dan tanggung jawab bersama dari pemerintah pelaku bisnis, produsen, dan konsumen menjadi kunci dalam memastikan kepatuhan terhadap standar pangan yang berkualitas,” tegas Arsjad.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement