Rabu 31 May 2023 10:53 WIB

BI Proyeksikan Inflasi Mei akan Terus Turun

Survei pemantauan menunjukkan inflasi Mei lebih rendah dari April 2023.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Aktivitas pasar di kawasan Bagan Deli, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Ahad (17/4/2022). Bank Indonesia (BI) memproyeksikan inflasi pada Mei 2023 akan terus turun.
Foto:

Juda menuturkan, penurunan inflasi di Sumatra Utara juga berkontribusi pada penurunan inflasi secara nasional pada April 2023. Inflasi nasional pad April 2023 mencapai 4,33 persen.

Juda mengungkapkan, saat ini dunia memang tengah berjuang untuk mengendalikan inflasi. “Bahkan negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, dan sebagainya inflasi sempat menyentuh 10 persen,” ungkap Juda.

Dia menilai, Indonesia lebih beruntung karena memiliki Tim Pengendalian Inflasi (TPI) dan TPID serta GNPIP sehingga tidak menaikan suku bunga terlalu tinggi. Satu-satunya senjata yang digunakan untuk mengendalikan inflasi di AS melalui kenaikan suku bunga.

 “Di Amerika sekarang satu-satunya senjata adalah suku bunga maka suku bunga naik sangat cepat sekali sangat tinggi yang kemudian kita tahu ada dampaknya kepada dunia perbankan di sana, sudah tiga bank jatuh dan sektor riil juga sudah mulai terdampak sudah banyak perusahaan yang kemudian mengalami bangkrut,” tutur Juda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement