Senin 22 May 2023 15:24 WIB

HSBC Sebut Indonesia Jadi Pasar IPO Paling Berkembang Saat Ini

Jumlah IPO di Indonesia melebihi Hong Kong dan AS.

Pekerja berada di depan layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (26/4/2023). Indonesia saat ini tengah menjadi pasar paling berkembang bagi perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO).
Foto:

Adapun pasar IPO Asia Tenggara tercatat 1,45 miliar dolar AS dalam rentang waktu Januari hingga Maret.

Lebih lanjut, Herald menjelaskan, salah satu sektor yang menarik perhatian para investor di Indonesia adalah sektor baterai untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electrical Vehicle (EV). Indonesia sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia telah menarik produsen mobil seperti Hyundai Motor dan Mitsubishi Motors untuk mendirikan pabrik lokal guna memastikan pasokan yang berkelanjutan.

Ketertarikan para investor terhadap industri nikel itu selaras dengan visi pemerintah Indonesia untuk mengembangkan rantai pasokan KBLBB guna mencapai nol emisi karbon (net zero emmisions) pada 2060.

 

Sebelumnya, perusahaan nikel Indonesia PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau juga dikenal sebagai Harita Nickel resmi mencatatkan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan penawaran Rp 1.250 per lembar saham pada 12 April lalu. Kemudian, langkah tersebut diikuti oleh produsen lain, yakni PT Merdeka Battery Materials Tbk yang membuka penawaran Rp 795 per lembar saham pada 18 April 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement