Sabtu 20 May 2023 11:23 WIB

Mobil Listrik tak Hanya Dipersoalkan di RI, 22 Persen Orang AS tidak Ingin Memilikinya

Konsumen AS yang tak tertarik dengan mobil listrik berusia tua.

Mobil listrik Tesla Model Y. Di Amerika Serikat seminar 22 persen kmnsumen tak persah ingin memiliki mobil listrik.
Foto: InsideEvs.com
Mobil listrik Tesla Model Y. Di Amerika Serikat seminar 22 persen kmnsumen tak persah ingin memiliki mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Tidak semua orang Amerika berencana membeli mobil listrik (EV). Dalam jajak pendapat survei GOBankingRates terhadap 1.045 orang Amerika Serikat (AS) pada Mei 2023, 22 persen dari keseluruhan responden mengatakan mereka tidak ingin memiliki kendaraan listrik. 

Persentasenya, jika dirinci, sangat tinggi mereka yang berada di generasi yang lebih tua. Dari mereka yang tidak menginginkan EV, 36 persen berusia 55 hingga 64 tahun dan 37 persen berusia 65 tahun ke atas.

Baca Juga

Mengapa orang Amerika ragu-ragu tentang kepemilikan EV? GOBankingRates bergabung dengan Sean Tucker, editor Kelley Blue Book, untuk mempelajari lebih lanjut tentang masalah EV umum dan solusi bagi konsumen yang ingin tahu tentang EV.

Tucker mengatakan dia sering mendengar tentang tiga masalah EV ini: harga, jangkauan, dan infrastruktur.

Harga

Empat puluh empat persen responden yang disurvei oleh GOBankingRates mengatakan bahwa mereka hanya bersedia membelanjakan tambahan 5.000 dolar AS atau kurang untuk EV daripada mobil bertenaga gas serupa — meskipun mereka tahu EV akan menghemat uang bahan bakar. Banyak EV memiliki reputasi mahal, tetapi ini mulai berubah.

Pada April 2023, Tucker mengatakan angka perusahaan induk Kelley Blue Book Cox Automotive menunjukkan rata-rata EV dijual seharga 55.089 dolar AS. Label harganya 10.096 dolar AS lebih rendah dari tahun lalu. 

Meskipun masih lebih mahal daripada rata-rata mobil yang dijual seharga 48.275 dolar AS bulan itu, masih di bawah harga rata-rata mobil mewah yang dijual seharga 64.144 dolar AS pada bulan April.

Jangkauan dan infrastruktur

Soal jangkauan dan infrastruktur mobil listrik kini semakin membaik, tetapi belum semua EV ada. Tucker mengatakan kebanyakan orang Amerika berkendara kurang dari 35 mil sehari, tetapi survei menunjukkan sebagian besar menginginkan jarak setidaknya 300 mil sebelum mereka mempertimbangkan EV.

“Kita semua perlu melakukan perubahan mental untuk memahami bahwa sebagian besar pengisian daya EV dilakukan di rumah, jadi kita tidak perlu melihat stasiun pengisian daya di setiap pom bensin agar EV menjadi praktis untuk sebagian besar penggunaan,” kata Tucker. 

“Orang Amerika suka membeli satu kendaraan yang dapat memenuhi semua kebutuhan mereka. Banyak yang masih enggan membeli EV sebelum mudah diisi seperti mobil bertenaga gas,” ujar Tucker.

Akankah konsumen berubah pikiran Tentang EV?

Ini adalah pertanyaan yang rumit untuk ditanyakan karena tidak ada jawaban yang cocok untuk semua. Selain masalah seputar harga, jangkauan, dan infrastruktur, Tucker mengatakan ada sebagian orang Amerika yang sama sekali tidak tertarik dengan kepemilikan EV – seperti 22 persen yang disurvei oleh GOBankingRates – dan itu bagus.

Saat ini, Tucker mengatakan EV adalah investasi yang berharga untuk beberapa pengemudi dan bukan yang lain. Mobil-mobil ini juga merupakan investasi yang berharga di beberapa bagian negara dan bukan di bagian lain.

Pembeli yang penasaran dengan EV direkomendasikan oleh Tucker untuk mempertimbangkan hibrida plug-in, terutama jika mereka tidak tahu EV mana yang sesuai dengan gaya hidup mereka.

“Itu adalah mobil yang dapat menempuh jarak tertentu dengan tenaga listrik, seringkali sekitar 35 mil, dan menggunakan bensin untuk melaju lebih jauh,” kata Tucker. “Mereka adalah solusi yang fantastis dalam beberapa situasi di mana EV belum cukup cocok.”

 

sumber : Finance.yahoo.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement