Jumat 19 May 2023 00:45 WIB

Mobil Listrik China Segera Menguasai Pasar Mobil Listrik Amerika Serikat

Produsen mobil China siap untuk menjungkirbalikkan pasar kendaraan listrik AS.

Sama seperti Jepang dan Korea sebelumnya, China dapat merebut pembeli Amerika dengan penawaran yang lebih murah.
Foto: Insider
Sama seperti Jepang dan Korea sebelumnya, China dapat merebut pembeli Amerika dengan penawaran yang lebih murah.

REPUBLIKA.CO.ID,Pengamat industri mengatakan hanya masalah waktu sebelum produsen mobil China menghadirkan mobil listrik (EV) mereka yang mengesankan - dan yang terpenting, murah - ke Amerika Serikat. Setelah bertahun-tahun mengancam untuk mendirikan diler di Amerika, perusahaan China semakin dekat untuk bergerak mewujudkannya.

Di kandang mereka, perusahaan China telah mengalahkan pesaing Amerika mereka, memakan pangsa pasar dari Ford dan General Motors dengan menawarkan mobil listrik yang lebih berkualitas dan lebih murah untuk pembeli. Mereka juga mulai mengekspor banyak merek ke Eropa.

Baca Juga

Ketika para pemimpin industri mobil Cina seperti Nio dan Geely mengincar perpindahan ke Amerika Serikat, pertanyaannya adalah apakah mereka dapat mengatasi gesekan politik – dan apakah pembeli Amerika akan ikut serta?

"Ini akan menjadi beberapa tahun ke depan yang menarik untuk melihat apakah Ford dan GM dan sejenisnya dapat mencegah masuknya pesaing China," kata Martin French, direktur pelaksana di konsultan Berylls. "Dari apa yang kami lihat di pameran mobil Shanghai tahun ini, persaingan itu sangat, sangat nyata."

Industri EV China telah meledak dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2022, penjualan EV AS mencapai level tertinggi baru 800 ribu, sementara pembeli China membeli sekitar 5 juta kendaraan penumpang listrik. Setelah bertahun-tahun tak tertandingi, Tesla akan kehilangan mahkotanya sebagai pembuat EV terbesar di dunia oleh perusahaan China, BYD.

Toyota, Hyundai, dan sekarang BYD

Pada tahun 1970-an, perusahaan mobil Jepang seperti Toyota dan Honda masuk dengan kendaraan yang terjangkau dan hemat bahan bakar yang membuat produsen mobil AS terpukul. Baru-baru ini, Hyundai, Kia, dan merek Korea lainnya telah menikmati pasar Ford dan GM di SUV.

“Sejarah mungkin terulang kembali. Pabrikan EV China dapat memperoleh pijakan di AS dengan masuk pada titik harga yang terjangkau, kata para analis.

"Apakah mungkin bagi perusahaan China untuk melakukan apa yang telah dilakukan orang lain sebelumnya, hanya sekarang dengan kendaraan listrik? Jawabannya pasti," kata Bill Russo, mantan eksekutif Chrysler dan CEO Automobility, sebuah perusahaan penasihat yang berbasis di Shanghai, kepada Insider. "Siapa yang tidak menginginkan kendaraan yang terjangkau?"

Tetapi karena ketegangan politik antara China dan AS meningkat, masuk ke pasar Amerika bisa lebih menyakitkan bagi China daripada Jepang atau Korea. Selain kecemasan umum dari konsumen yang kemungkinan kecil akan mendukung merek China, kata para analis, anggota parlemen cenderung menerapkan lebih banyak pengawasan terhadap perusahaan China mana pun yang berencana untuk beroperasi di AS.

Tarif impor era Trump sebesar 27,5 persen tetap berlaku pada mobil China, sementara kredit pajak baru administrasi Biden untuk pembelian kendaraan listrik mendukung kendaraan yang dibuat di Amerika Utara dengan komponen baterai yang tidak berasal dari China.

 

  

sumber : Insider
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement