Kamis 04 May 2023 00:44 WIB

Mobil Listrik China Mengguncang Pasar Global

Mobil listrik China lebih mural 40 persen dari mobil listrik merek Eropa.

Ohta, yang baru saja membeli kendaraan sport listrik BYD ATTO 3 baru, berpose dengan mobilnya dan kunci yang dibuat secara simbolis di dealer BYD pada 4 April 2023, di Yokohama dekat Tokyo. BYD Auto adalah bagian dari gelombang eksportir mobil listrik China yang mulai bersaing dengan merek Barat dan Jepang di pasar dalam negeri mereka. Mereka menghadirkan teknologi yang berkembang pesat dan harga murah yang menurut kepala keuangan Tesla Inc.
Foto: AP
Ohta, yang baru saja membeli kendaraan sport listrik BYD ATTO 3 baru, berpose dengan mobilnya dan kunci yang dibuat secara simbolis di dealer BYD pada 4 April 2023, di Yokohama dekat Tokyo. BYD Auto adalah bagian dari gelombang eksportir mobil listrik China yang mulai bersaing dengan merek Barat dan Jepang di pasar dalam negeri mereka. Mereka menghadirkan teknologi yang berkembang pesat dan harga murah yang menurut kepala keuangan Tesla Inc.

REPUBLIKA.CO.ID,YOKOHAMA— Osamu Furukawa telah mengendarai banyak mobil Jepang untuk bisnisnya kini mengubah model klasik bertenaga bensin menjadi listrik. Tapi kendaraan favoritnya adalah mobil  impor: SUV bertenaga baterai dari BYD Auto China.

 

Baca Juga

BYD Auto adalah bagian dari gelombang eksportir mobil listrik China yang mulai bersaing dengan merek Barat dan Jepang di pasar dalam negeri mereka. Mereka menghadirkan teknologi yang berkembang pesat dan harga murah yang menurut kepala keuangan Tesla Inc. "menakutkan".

 

Furukawa mengatakan dia memesan ATTO 3 ketika mulai dijual pada 31 Januari, karena fiturnya yang ramah pengguna dan harga menarik 4,4 juta yen (33.000 dolar AS) – atau sekitar seperempat lebih murah dari Tesla. “Sempurna,” kata Furukawa di kantornya di Yokohama, barat daya Tokyo.

 

Pengekspor EV Cina ambisius lainnya di dalamnya terdapat NIO, Zeekr dan Ora dari Geely Group, unit pembuat SUV Great Wall Motors.

 

Beberapa bersaing dalam harga. Lainnya menekankan kinerja dan fitur, memberi tekanan pada merek premium Barat dan Jepang.

 

NIO Inc., yang telah membujuk pembeli di China untuk membayar harga stiker setingkat Tesla hingga 555.000 yuan (80.000 dolar AS), mengatakan SUV terbarunya mulai dijual tahun ini di Eropa. ES6 menawarkan kontrol yang diaktifkan suara dan jangkauan 610 kilometer (380 mil) dengan sekali pengisian daya.

 

“Kami sangat yakin ES6 akan bersaing di pasar SUV premium ini,” kata pendiri dan CEO NIO, William Li, dalam sebuah wawancara di pameran mobil Shanghai.

 

Penjualan kendaraan bertenaga baterai dan hibrida bensin-listrik di China hampir dua kali lipat tahun lalu menjadi 6,9 juta kendaraan, atau setengah dari total global.

 

Itu didukung oleh subsidi jutaan dolar dari Partai Komunis yang berkuasa, yang berusaha menjadikan China sebagai pencipta energi bersih dan teknologi lainnya. Itu mengguncang para pemimpin AS dan Eropa yang melihat China sebagai pesaing strategis dan industri.

 

Merek China adalah "persaingan serius", menurut David Leah, analis GlobalData.

Mereka memiliki "teknologi baterai yang lebih kompetitif" dan dapat "mencapai skala ekonomi yang lebih besar," kata Leah dalam email.

 

BYD Auto, dimiliki oleh pembuat baterai BYD Co., unggul dari Tesla dalam total penjualan 2022 dengan 1,9 juta kendaraan. Setengahnya adalah hibrida bensin-listrik, sedangkan armada Tesla adalah listrik murni.

 

“Kami sangat menghormati perusahaan mobil di China,” kata CEO Tesla Elon Musk dalam konferensi 25 Januari dengan analis keuangan. “Mereka bekerja paling keras dan mereka bekerja paling cerdas.”

 

Merek China sedang mengembangkan EV untuk bersaing tanpa subsidi karena Beijing mengalihkan beban ke industri dengan mengharuskan mereka mendapatkan kredit untuk menjual listrik. Harga mulai dari 100.000 yuan (14.500 dolar AS) untuk SUV kompak dengan jangkauan 400 kilometer (250 mil) dengan sekali pengisian daya. "Orang Cina itu menakutkan," kata CFO Tesla Zachary Kirkhorn dalam telepon analis.

 

Merek EV China memadukan pusat penelitian dan desain di Amerika Serikat dan Eropa dengan pabrik di China.

 

Geely's Zeekr berencana meluncurkan sedan all-electric dan SUV tahun ini di Belanda dan Swedia. Perancang mininya berada di Gothenberg, Swedia, bersebelahan dengan Volvo Cars, merek Geely lainnya, sementara pabriknya berada di Tiongkok.

 

“Ambisi kami adalah menjadi pemain kunci dalam mobilitas elektrifikasi di Eropa dalam dekade ini,” kata CEO Zeekr Spiros Fotinos, seorang veteran Toyota dan Lexus. Dengan “ambisi global yang jelas,” katanya, “kami melihat peluang dan waktu yang tepat untuk pasar lain.”

 

CEO Carlos Tavares dari Stellantis, perusahaan induk Chrysler, Peugeot dan FIAT, memperingatkan pada bulan Januari bahwa Eropa memerlukan strategi untuk bersaing dengan harga yang lebih rendah di China. Mobil listrik buatan Eropa harganya 40 persen  lebih mahal daripada model China, menurut Tavares.

 

“Ini skenario yang sangat suram,” kata Tavares kepada majalah Jerman Automobilwoche. "Tapi tidak harus seperti itu."

 

Ekspor BYD Auto meningkat empat kali lipat tahun lalu menjadi 55.916 unit yang terdiri dari sedan, SUV, dan hatchback. Sebagian besar pergi ke India, Thailand, Brasil, dan pasar berkembang lainnya. BYD mengumumkan penjualan 1.000 kendaraan tahun lalu ke VEMO Meksiko untuk armada taksi EV terbesar di luar China.

 

BAIC milik negara, yang berkantor pusat di Beijing, mengatakan seorang dealer di Yordania memesan 1.000 unit sedan kompak EU5 pada Januari. Perusahaan mengatakan berencana untuk meluncurkan dua hingga tiga kendaraan listrik lagi di Amerika Latin, Asia Tenggara dan Eropa.

 

Bagaimana dengan Amerika Serikat, pasar terbesar dan terkaya?

 

Merek EV China gelisah tentang negara luas yang menuntut investasi besar dalam dealer dan jaringan pengisian daya, sementara Washington dan Beijing berselisih tentang keamanan, teknologi, dan hak asasi manusia.

 

“Ini bukan tugas yang mudah,” kata Li dari NIO. “Produk dan layanan kami perlu disiapkan.”

 

BYD Auto telah berada di pasar AS selama satu dekade menjual bus transit bertenaga baterai yang dirakit di sebuah pabrik di timur laut Los Angeles. "Masih dalam proses" memutuskan apakah akan menjual SUV dan sedan ke Amerika, kata perusahaan itu dalam tanggapan tertulis atas pertanyaan.

 

Ketegangan politik “mempersulit perusahaan China untuk meluncurkan, EV atau lainnya,” di Amerika Serikat, kata Leah.

 

Di Eropa, Great Wall's Ora menjual model 03 mulai dari 140.000 yuan (20.000 dolar AS). Ora mencoba tampil menonjol di antara lusinan merek baru dengan memasarkan mobilnya yang dirancang untuk wanita, ukuran tubuh, dan kebutuhan sehari-hari.

 

“Ini adalah mobil kedua atau ketiga untuk sebuah rumah tangga. Ini dapat digunakan oleh istri atau anak perempuannya untuk pergi bekerja, pergi bersama teman atau berbelanja, ”kata wakil manajer umum Ora, Tan Jian.

 

Di Eropa, BYD Auto memiliki kemitraan dengan jaringan dealer di Inggris, Swedia, Jerman, dan Belanda. Perusahaan mengatakan juga telah mengirimkan mobil di Belgia, Denmark dan Austria. Ini memiliki kesepakatan dengan perusahaan persewaan Eropa SIXT yang menurut BYD akan menghasilkan penjualan hingga 100 ribu  kendaraan selama enam tahun ke depan.

 

Di Jepang, BYD Auto berencana memiliki 100 ruang pamer pada akhir tahun 2025. Hatchback Dolphin dan sedan Seal akan memasuki pasar Jepang tahun ini. Perusahaan mengatakan juga telah mengekspor sekitar 4.000 ATTO 3 ke Australia.

 

Furukawa's OZ Co mengubah Volkswagen Beetles dan model klasik lainnya dengan mengganti mesin bensin dengan baterai dan motor listrik. Furukawa mengatakan dia mengendarai ATTO 3 setiap hari dan telah pergi sejauh Osaka, 400 kilometer (250 mil) jauhnya.

 

Showroom Yokohama BYD Auto, yang dibuka 2 Februari, dikelilingi oleh dealer untuk merek-merek mapan termasuk Toyota, Nissan, BMW, Volkswagen, dan Chevrolet.

 

Ayah satu anak yang sudah menikah mengatakan dia melihat model Jepang tetapi membeli ATTO 3 karena kabin dan harganya.

 

“Saya suka perjalanannya, dan mudah dikendarai,” kata pembeli yang meminta untuk diidentifikasi hanya dengan nama belakangnya, Ohta. “Ada begitu banyak fitur bagus.”

 

Ayah Ohta memiliki "reaksi negatif" tentang BYD yang berasal dari China, yang memiliki sejarah hubungan yang tegang dengan Jepang. Tapi Ohta mengatakan pekerjaannya di industri game elektronik telah mengajarinya untuk menghormati inovasi China.

 

“Mereka keluar dengan produk unggulan,” kata Ohta. “Saya menghormati bangsa.”

 

 

 

 

sumber : denverpost.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement