Selasa 09 May 2023 06:24 WIB

Proton Targetkan Hybrid Electric Vehicle Pertamanya Laku 1.000 Unit per Bulan

Untuk mobil listrik Proton rencananya akan meluncurkan di tahun 2025.

Proton X90
Foto: New Straits Times
Proton X90

REPUBLIKA.CO.ID,KUALA LUMPUR -- Proton Holdings Bhd, produsen otomotif Malaysia, menargetkan penjualan bulanan 1.000 unit model mild-hybrid electric vehicle (MHEV) pertamanya yang disebut X90 di negaranya.

X90 menandai masuknya Proton ke pasar kendaraan energi baru (NEV) dan diluncurkan bersamaan dengan ulang tahun ke-40 perusahaan.

Baca Juga

Deputy Chief Executive Officer Proton Roslan Abdullah mengatakan, target penjualan didasarkan pada rencana produksinya. "Itu juga berdasarkan apa yang telah kami diskusikan dengan pemasok komponen dan diler kami di seluruh negeri," kata Roslan kepada wartawan seusai peluncuran X90 oleh Perdana Menteri Datuk Seri Anwar Ibrahim, Ahad (7/5/2023).

Tentang bagaimana X90 akan bersaing dengan pesaing di segmen kendaraan energi baru, Roslan mengatakan, mereka menawarkan harga yang kompetitif untuk ukuran dan fitur keselamatannya.

"Mungkin ada merek lain yang menawarkan model yang sama di segmen NEV, tapi yang membedakan X90 dari yang lain adalah teknologi yang dimasukkan ke dalam kendaraan dan yang paling penting keterjangkauan harga dan ruang, terutama untuk keluarga yang sedang berkembang," ujarnya.

Proton membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 6,5 persen tahun ke tahun untuk April 2023. Roslan mengatakan, dengan X90, perusahaan mengharapkan penjualan lebih tinggi dalam beberapa bulan mendatang.

Pada kendaraan listrik penuh yang direncanakan, Roslan mengatakan, Proton akan mengungkapkannya pada 2025. X90 merupakan sports utility vehicle (SUV) ketiga pabrikan mobil nasional itu dalam jajaran model seri X. Harganya berkisar dari RM123.800 hingga RM152.800.

CEO Proton Datuk Seri Syed Faisal Albar mengatakan, X90 adalah langkah pertama Proton untuk melaksanakan strategi NEV baru. “Ada lebih banyak produk dalam rencana karena Proton ingin meningkatkan kehadiran kami di segmen pasar baru yang menarik ini,” ujar Syed Faisal.

X90 terdiri atas empat varian: Standard Executive, Premium dan Flagship dengan konfigurasi tujuh tempat duduk. Harga on-the-road sebelum asuransi di Peninsular Malaysia untuk varian Standar bermula dari RM123.800. Untuk varian eksekutif, harga dimulai dari RM130.800. Varian premium dihargai RM144.800 sedangkan varian unggulan mulai dari RM152.800

Semua model X90 dijalankan dengan pengaturan hybrid ringan baru yang memasangkan sistem sinergi motor listrik 48V dengan mesin 1.5L TGDi dan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan. 

X90 juga dilengkapi tiga sistem keselamatan kelas baru yang terdiri dari peringatan tabrakan belakang, informasi rambu lalu lintas, dan peringatan lalu lintas lintas belakang.

X90 hadir dengan paket standar yang terdiri atas garansi lima tahun dengan jarak tempuh tak terbatas, paket data lima tahun satu gigabyte per bulan, enam kali layanan tenaga kerja, suku bunga mulai 2,1 persen dan program asuransi Proton lima tahun.

 

 

sumber : New Straits Times
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement