Senin 08 May 2023 23:12 WIB

Semen Baturaja Raih Laba Rp 94,83 Miliar, Bagikan Dividen Rp 18,96 Miliar

Laba bersih Semen Baturaja di 2022 naik 103 persen dibandingkan periode 2021

PT Semen Baturaja Tbk selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022. Pada RUPST, Semen Baturaja berhasil mencatatkan kinerja positif pada tahun buku 2022 dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp 94,83 miliar atau tumbuh 103 persen dibandingkan periode 2021 sebesar Rp 46,7 miliar.
Foto: dok istimewa
PT Semen Baturaja Tbk selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022. Pada RUPST, Semen Baturaja berhasil mencatatkan kinerja positif pada tahun buku 2022 dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp 94,83 miliar atau tumbuh 103 persen dibandingkan periode 2021 sebesar Rp 46,7 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Baturaja Tbk selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2022. Pada RUPST, Semen Baturaja berhasil mencatatkan kinerja positif pada tahun buku 2022 dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp 94,83 miliar atau tumbuh 103 persen dibandingkan periode 2021 sebesar Rp 46,7 miliar. 

Semen Baturaja juga menyetujui pembagian dividen payout ratio sebesar 20 persen dengan nilai total dividen tunai sebesar 18,96 miliar dan sisanya sebesar 80 persen atau Rp 75,86 miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Direktur Utama Semen Baturaja Daconi Khotob mengatakan pada 2022, Semen Baturaja mampu mencatatkan pertumbuhan volume penjualan sebesar empat persen menjadi 2,01 juta ton, meskipun Demand semen secara nasional, terutama di wilayah Sumbagsel yang merupakan pasar utama Semen Baturaja mengalami koreksi. 

Tak hanya itu Semen Baturaja juga berhasil mencatatkan pendapatan sepanjang 2022 sebesar Rp 1,88 triliun atau tumbuh tujuh persen dibandingkan periode tahun lalu. Dari sisi Ebitda sebesar Rp 437 miliar atau tumbuh lima persen dibandingkan 2021.

“Catatan kinerja positif ini tidak terlepas dari kesuksesan inisiatif strategis perseroan pada 2022 yang berfokus pada tiga inisiatif yaitu Cost Leadership Through SMBRGO45 Program, Strengthen Market Positioning dan Competency Improvement of Employee. Hal tersebut merupakan program unggulan perseroan dalam rangka mengefisiensikan biaya diberbagai bidang dan pelaksanaan praktik terbaik dalam operasi sehingga mampu mencapai kinerja positif,” ujarnya dalam keterangan tulis, Senin (8/5/2023).

Dalam RUPST juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan. Rapat memberhentikan dengan hormat Tubagus Muhammad Dharury sebagai Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM).  Selanjutnya, Rapat mengangkat Direksi Perseroan, yaitu Rahmat Hidayat sebagai Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM). 

Seiring dengan disetujuinya perubahan tersebut maka susunan pengurus perseroan, menjadi : 

Jajaran Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Franciscus M.A Sibarani

Komisaris: Hadi Daryanto

Komisaris: Independen Chowadja Sanova

Jajaran Direksi Perseroan

Direktur Utama: Daconi Khotob

Direktur (Fungsi Operasi): Suherman Yahya

Direktur (Fungsi Keuangan dan SDM): Rahmat Hidayat 

Selain menyetujui pembagian dividen dan perubahan pengurus perseroan, RUPST juga menyetujui Laporan Tahun Direksi Tahun Buku 2022 termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris dan mengesahkan Laporan Keuangan Konsolidasian Perseroan untuk Tahun Buku 2022 serta pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2022.

Pengesahan Laporan Tahunan termasuk Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil Tahun Buku 2022, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab (acquit et de charge) kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas pengurusan dan pengawasan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2022.

Penetapan Tantiem untuk Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan Tahun Buku 2022 dan Penghasilan Direksi dan Dewan Komisaris untuk Tahun Buku 2023; Penunjukan Kantor Akuntan Publik untuk mengaudit Laporan Keuangan Konsolidasi Perseroan Tahun Buku 2023 dan Laporan Keuangan Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil Tahun Buku 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement