Jumat 05 May 2023 22:19 WIB

Waskita Beton Catat Nilai Kontrak Baru Rp 420 Miliar

Waskita Beton optimistis kinerja 2023 akan ada peningkatan dari beberapa lini.

Waskita Beton Precast. Perusahaan BUMN bidang konstruksi PT Waskita Beton Precast Tbk (kode saham : WSBP) mencatatkan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 420 miliar hingga kuartal I 2023.
Foto: Facebook Humas Waskita Beton Precast
Waskita Beton Precast. Perusahaan BUMN bidang konstruksi PT Waskita Beton Precast Tbk (kode saham : WSBP) mencatatkan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 420 miliar hingga kuartal I 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan BUMN bidang konstruksi PT Waskita Beton Precast Tbk (kode saham : WSBP) mencatatkan nilai kontrak baru (NKB) sebesar Rp 420 miliar hingga kuartal I 2023.

Vice President of Corporate Secretary Fandy Dewanto dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (5/5/2023) mengklarifikasi bahwa nilai kontrak meningkat sebesar 41 persen year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Ini merupakan catatan gemilang bagi WSBP, karena kontrak baru kami naik 41 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 298 miliar," ujar Fandy.

Baca Juga

Ia menjelaskan capaian tersebut 113 persen dari target NKB perseroan pada kuartal I 2023 yang sebesar Rp 371 miliar, yang mayoritas diperoleh dari pasar eksternal sebesar 75 persen dan internal 25 persen. Dilihat berdasarkan pelanggan, mayoritas kontrak WSBP adalah sektor swasta sebesar 71 persen dan BUMN/BUMD sebesar 29 persen.

Adapun, beberapa proyek besar yang didapatkan oleh perseroan, di antaranya proyek Pembangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung Kawasan Istana Kepresidenan RI, Pembangunan Jembatan Pulau Balang IKN, dan Proyek LNG Terminal dan Regasifikasi di Sumbawa. Selain itu, Proyek Pengaman Pantai Jakarta Tahap 6, dan Proyek Pembangunan Fly Over Sekip Ujung Palembang.

"Di tahun ini kami menjalankan strategi untuk menangkap peluang pasar di sektor BUMN/BUMD, swasta, pemerintah dan cnidaria mendukung proyek-proyek internal Waskita Grup," ujar Fandy.

Lebih lanjut, manajemen juga akan fokus menyusun strategi perolehan kontrak baru dengan meningkatkan pangsa pasar di luar Waskita Group. Kemudian melakukan penjajakan pasar luar negeri khususnya kawasan Asia Tenggara, namun tetap mengutamakan kondisi pendanaan proyek yang sehat.

Waskita Beton optimistis pada 2023 kinerja akan tumbuh peningkatan dari beberapa lini. Di antaranya bisnis precast, readymix ataupun jasa konstruksi. "Kami menargetkan pertumbuhan kontrak baru sekitar 100 hingga 150 persen di tahun ini," ujar Fandy.

Sebagai informasi, WSBP mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 367 miliar pada kuartal I 2023, atau meningkat 26 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp 290 miliar. Pendapatan usaha ditopang oleh capaian dari sektor precast sebesar 30 persen, readymix 52 persen dan jasa konstruksi 18 persen. Lalu laba bersih sebesar Rp 16 miliar atau meningkat 106 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement