Sabtu 29 Apr 2023 13:16 WIB

AgenBRILink Bukukan Transaksi Rp 325,65 Triliun hingga Maret 2023

AgenBRILink yang dimiliki BRI telah melayani masyarakat di 58.813 desa.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
AgenBRILink menjadi bukti dari inovasi BRI yang berhasil menjembatani masyarakat di daerah terpencil untuk mendapatkan layanan perbankan.
Foto: istimewa
AgenBRILink menjadi bukti dari inovasi BRI yang berhasil menjembatani masyarakat di daerah terpencil untuk mendapatkan layanan perbankan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengembangkan layanan AgenBRILink. Hingga Maret 2023, AgenBRILink yang dimiliki BRI telah melayani masyarakat di 58.813 desa, atau lebih dari 70 persen jumlah desa di seluruh Indonesia.

Secara keseluruhan, jumlah AgenBRILink telah mencapai 650 ribu agen yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Total nilai transaksi dalam tiga bulan pertama tahun 2023 telah mencapai Rp 325,65 triliun.

Baca Juga

Peningkatan transaksi AgenBRILink juga terjadi pada periode libur lebaran tahun lalu (Mei 2022), tercatat sebanyak 80.243.473 jumlah transaksi BRILink dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya (Mei 2021) dengan 71.755.999 transaksi.

"Artinya terdapat kenaikan transaksi BRILink hampir sebesar 12 persen. Ini menunjukkan kehadiran AgenBRILink terbukti sangat dibutuhkan masyarakat selama periode tersebut," kata Direktur Bisnis Mikro BRI Supari melalui siaran pers, Sabtu (29/4/2023).

Dengan AgenBRILink, masyarakat dapat lebih mudah dan lebih dekat untuk memenuhi kebutuhan transaksi selama periode Ramadan dan libur lebaran mulai dari transfer, membayar zakat, membayar belanjaan di e-commerce, tarik tunai melalui Super App BRImo, serta membeli voucher game.

Begitu juga untuk kebutuhan libur lebaran seperti penukaran uang, tarik tunai dari luar negeri, serta pembayaran tiket transportasi dan akomodasi mudik. Menurut Supari, AgenBRILink tetap berkontribusi untuk masyarakat meski dalam periode hari libur sekalipun.

Seperti halnya pada periode libur lebaran 2023 lalu, AgenBRILink tetap memberikan layanan bagi masyarakat. “Di antaranya menjamin kemudahan masyarakat dalam bertransaksi dengan memanfaatkan fasilitas tersedia termasuk keberadaan AgenBRILink,” ujar Supari.

Tak hanya itu, BRI juga berinisiatif menempatkan AgenBRILink di titik-titik strategis dari perjalanan mudik maupun arus balik masyarakat. Salah satunya dengan bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk mencegah terjadinya penumpukan penumpang di pelabuhan besar di Indonesia.

Di luar kebutuhan tersebut, AgenBRILink juga tetap melayani kebutuhan harian masyarakat, di antaranya pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, dan transaksi lainnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement