Selasa 04 Apr 2023 13:30 WIB

Sambut Lebaran 2023, BCA Sediakan Uang Tunai Hingga Rp 69,48 Triliun 

BCA siap fasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang di 46 Kantor Cabang Utama.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Warga menunjukkan uang pecahan baru usai penukaran di Pasar Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Rabu (29/3/2023). PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp 69,48 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri 2023.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga menunjukkan uang pecahan baru usai penukaran di Pasar Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Rabu (29/3/2023). PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp 69,48 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memastikan ketersediaan uang tunai sebesar Rp 69,48 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri 2023. Jumlah tersebut naik 10 persen dari nominal yang disiapkan pada momen bulan suci dan lebaran di tahun lalu.

Pembatasan mobilitas pada tahun ini sudah semakin longgar, sehingga kegiatan perekonomian serta konsumsi masyarakat menjelang Idulfitri pun diperkirakan akan lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu. Sejalan dengan hal tersebut, BCA mengantisipasi adanya peningkatan transaksi dengan mempersiapkan sejumlah layanan yang dapat mempermudah nasabah.

Baca Juga

Selain ketersediaan uang tunai, BCA juga memastikan kebutuhan nasabah untuk menukarkan uang terpenuhi. Di wilayah Jabodetabek, BCA siap memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang di 46 Kantor Cabang Utama (KCU), satu mobil kas keliling di area Masjid Istiqlal selama periode 3-14 April 2023, serta di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek selama 17-19 April 2023. 

"Segenap layanan kami selama Ramadan dan Idul Fitri merupakan wujud komitmen kami dalam menghadirkan service excellence bagi seluruh nasabah agar dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. Kami harap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selama Ramadan dapat mendukung perputaran uang di masyarakat sehingga mendorong pertumbuhan nasional," ucap Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja melalui keterangan resmi, Selasa (4/4/2023).

 

Seperti diketahui, banking from anywhere saat ini telah menjadi standar baru bagi operasional dan kegiatan perbankan. Oleh karena itu, BCA juga memproyeksikan peningkatan jumlah transaksi jelang lebaran juga akan terjadi di kanal digital BCA. 

Sebagai informasi, volume transaksi mobile banking BCA mencapai lebih dari tiga miliar transaksi di sepanjang dua bulan pertama tahun 2023, atau tumbuh 54,4 persen secara tahunan. Adapun volume transaksi internet banking mencapai hampir 800 juta transaksi di periode yang sama.  

Sementara itu, nilai transaksi internet banking BCA mencapai Rp 2.797 triliun dan mobile banking BCA mencapai Rp 1.016 triliun di sepanjang dua bulan pertama tahun 2023, masing-masing tumbuh 13,4 persen dan 36,0 persen secara tahunan. 

BCA berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nasabah maupun mitra di momen spesial Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. "Kami juga berfokus untuk senantiasa memastikan hadirnya platform perbankan transaksi yang aman dan andal, sekaligus dapat menjadi solusi yang relevan bagi kebutuhan nasabah," tambah Jahja.

Selama bulan suci Ramadan 1444 H, BCA juga melakukan penyesuaian jam operasional kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat. Kendati demikian, BCA tetap siap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia di aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking KlikBCA, hingga jaringan ATM Setor-Tarik BCA.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement