Kamis 30 Mar 2023 16:31 WIB

Perbankan Global Terguncang, LPS: Jangan Khawatir

Ekonomi Indonesia dinilai lebih resilien terhadap gejolak eksternal.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
 Ilustrasi foto menunjukkan logo Silicon Valley Bank (SVB) pada perangkat seluler di depan laptop dengan logo Credit Suisse di Washington, DC, AS, Selasa (14/3/2023). Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan masyarakat, khususnya para pelaku industri di Indonesia untuk tidak terlalu mencemaskan dinamika perbankan global.
Foto:

Selain itu level permodalan perbankan juga sangat tebal berada pada angka 25,93 persen per Januari 2023. Purbaya menuturkan, kondisi likuiditas perbankan saat ini dalam keadaan yang sangat memadai.

"Alat likuid tau non-core deposit (AL/NCD) dan alat likuid atau dana pihak ketiga (AL/DPK) dan per Januari 2023 masing-masing sebesar 129,64 persen dan 29,13 persen. Nilai ini sekitar dua setengah kali di atas threshold," jelas Purbaya.

 

Meskipun demikian, Purbaya menegaskan perlu tetap mewaspadai dampak tidak langsungnya dengan meningkatnya ketidakpastian di pasar keuangan. Selain iti juga paenting bagi bank untuk terus menjaga level likuiditasnya pada batas aman untuk melayani kebutuhan penarikan dana nasabah dan level permodalannya agar selalu dalam kondisi sehat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement