Jumat 17 Mar 2023 16:29 WIB

Ini Dia Lima Alasan Harus Mulai Pakai Bank Digital

Layanan bank digital aktif selama 24 jam dan biaya transfer lebih murah.

Nasabah menggunakan aplikasi bank (ilustrasi). Ada lima keunggulan menggunakan bank digital.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Nasabah menggunakan aplikasi bank (ilustrasi). Ada lima keunggulan menggunakan bank digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi digital di Indonesia saat ini sudah menjadi bagian yang tak terlepas dari kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal finansial dan perbankan. Digitalisasi pada bidang perbankan tentu memberikan berbagai manfaat dan kemudahan sehingga tren digital banking mengalami peningkatan yang cukup signifikan selama beberapa tahun belakangan ini, terlebih pada masa pandemi.

Seiring dengan meningkatnya tren dan kebiasaan masyarakat bertransaksi secara digital, maka jumlah pengguna bank digital juga diperkirakan akan mengalami pertumbuhan positif ke depannya.

Baca Juga

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), terjadi peningkatan nilai transaksi digital banking sebesar 28,72 persen (yoy) menjadi Rp 52.545,8 triliun, dan diproyeksikan tumbuh 22,13 persen (yoy) mencapai Rp 64.175,1 triliun pada 2023. Selain itu, nilai transaksi uang elektronik pada 2022 tumbuh 30,84 persen (yoy) mencapai Rp 399,6 triliun. BI memperkirakan uang elektronik akan meningkat 23,90 persen (yoy) hingga mencapai Rp 495,2 triliun pada 2023.

Pertumbuhan positif pada industri perbankan digital ini tentunya tidak lepas dari peran pelaku usaha bank digital yang berhasil memberikan layanan terbaik demi kepuasan pengguna sehingga mampu menarik minat pengguna baru. Oleh karena itu, menurut rilis Bank Neo Commerce yang diterima di Jakarta, Jumat (17/3/2023), terdapat lima alasan konsumen harus mulai menggunakan bank digital.

Ini alasan konsumen harus mulai pakai bank digital.

1. Memberikan kemudahan dengan satu aplikasi

Kehadiran bank digital semakin memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai aktivitas perbankan tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Kemudahan yang ditawarkan oleh bank digital salah satunya yaitu kemudahan dalam mendaftar dan membuka rekening.

2. Praktis karena dilengkapi berbagai fitur

Jika sebelumnya ketika ingin melakukan transaksi perbankan, kita harus pergi ke bank konvensional dan hal ini memerlukan waktu serta usaha yang dikeluarkan. Kini dengan adanya bank digital, aktivitas perbankan menjadi lebih praktis.

Dengan bantuan internet dan smartphone, kamu bisa langsung melakukan transaksi dalam satu aplikasi seperti transfer baik ke sesama maupun ke antarbank, pembayaran melalui QRIS, transfer hingga ratusan juta, Top Up E-money, bahkan investasi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement