Ahad 12 Mar 2023 11:52 WIB

ID Food: Keberagaman Kopi Nusantara Perkuat Ekonomi Masyarakat

potensi kopi hulu hilir perlu lebih dikenal secara luas terutama generasi milenial

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Kopi (ilustrasi). Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) bersama BUMN Holding Pangan ID FOOD bersinergi menyelenggarakan peringatan Hari Kopi Nasional (HKN) di Jakarta.
Foto: Pixabay
Kopi (ilustrasi). Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) bersama BUMN Holding Pangan ID FOOD bersinergi menyelenggarakan peringatan Hari Kopi Nasional (HKN) di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) bersama BUMN Holding Pangan ID FOOD bersinergi menyelenggarakan peringatan Hari Kopi Nasional (HKN) di Jakarta. Kegiatan peringatan HKN ini serentak dilaksanakan juga di beberapa kota seluruh Indonesia.

Ketua Umum DEKOPI Rusman Heryawan mengatakan peringatan hari kopi dari tahun ke tahun kini semakin semarak dan luas. Sejak 2018, setiap tanggal 11 Maret telah diperingati sebagai hari kopi nasional.

Baca Juga

“HKN 11 Maret 2023 tahun ini, mengangkat tema Keberagaman Kopi Nusantara Perkuat Ekonomi Masyarakat dan Pererat Harmoni Bangsa, tema ini dimaksudkan untuk mengajak semua pihak bekerja sama lebih erat dan harmonis dalam berbagai kegiatan baik di pusat dan daerah, terutama para jajaran eksekutif, legislatif dan dunia usaha terlebih lagi setelah peringatan hari kopi nasional hari ini," ujar Rusman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (12/3/2023).

Menurutnya, potensi kopi hulu hilir perlu lebih dikenal secara luas terutama generasi milenial yang lebih banyak bergerak di hilir. Adalah sebuah fakta bahwa Indonesia merupakan negara penghasil kopi dengan cita rasa dan variasi terbaik dan terkaya, akan tetapi fakta dan potensi ini belum diolah dengan maksimal sehingga kopi belum bisa menyumbang devisa yang lebih besar dan memberi penghidupan yang lebih baik bagi petani pekebun kopi.

Ia menambahkan bahwa potensi kopi perlu lebih dikenali lebih dalam dan lebih luas. Pembangunan kopi berkelanjutan perlu lebih fokus membangun hulu dan kelembagaannya menuju produktifitas minimal lebih dari 1,5 ton per hektare. Menurut Rusman, secara simultan juga perlu lebih fokus membangun hilir dengan edukasi konsumen dalam negeri dan memperluas export roasted been dan kopi olahan.

Sementara itu, Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan bahwa ID FOOD bersama sinergi BUMN terkait lainnya yang terlibat dalam PMO Makmur ikut mempromosikan kopi Indonesia bahkan hingga ke tingkat internasional.

“Kami telah melakukan pembinaan kepada petani, termasuk petani kopi melalui ekosistem program Makmur, kami sinergi BUMN membantu dari hulu hilir rantai pangan, untuk komoditas kopi di tahun ketiga program Makmur kami menargetkan 5.000 hektare lahan kopi untuk pembinaan petani kopi, mari kita bersama -sama dan bersinergi memajukan industri kopi indonesia,” ujar Frans.

Dewan Pembina DEKOPI sekaligus Komisaris Utama PT RNI (Persero)/ID FOOD Bayu Krisnamurthi menambahkan untuk terus bersinergi mendorong keanekaragaman kopi Indonesia. “Keberagaman kopi harus kita promosikan dan lindungi, oleh karenanya mari bersinergi untuk mempromosikan sekaligus melindungi kopi Indonesia," kata Bayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement