Jumat 10 Mar 2023 22:22 WIB

Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan Pembuatan Kompos Pakai Biodex

Pelatihan didasari ketersediaan kiambang di Danau Manggar, Balikpapan.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar pelatihan pembuatan kompos menggunakan Bioaktivator Biodexbagi Kelompok Tani Hutan
Foto:

Selama pelatihan, anggota Kelompok Tani Hutan Mitra Wana Lestari dijelaskan tata cara pengaplikasian Biodex pada bahan baku kiambang dan daun bambu, yang sebelumnya telah dicacah agar Biodex bekerja maksimal saat proses pencampuran. Selain itu Pupuk Kaltim juga memberikan tips agar pengomposan bekerja maksimal dengan memperhatikan alas pengomposan yang harus tetap dalam kondisi kering.

Mewakili Dinas Kehutanan Kaltim Plt Kepala UPTD KPHL Balikpapan M Nasir mengapresiasi edukasi Pupuk Kaltim untuk mendorong produktivitas pertanian, melalui pemanfaatan bahan organik menjadi kompos.

"Kiambang yang selama ini menjadi limbah dan terbuang, kini bisa dimanfaatkan untuk bahan kompos yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman," katanya.

Ia berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai bentuk pendampingan bagi para petani dalam mengelola lahan agar lebih produktif. Kegiatan itu dinilainya menjadi suntikan semangat dan nilai tambah bagi petani, untuk mampu memaksimalkan potensi gulma agar tidak terbuang menjadi limbah.

 

"Semoga sinergi dengan Pupuk Kaltim dapat terus berjalan berkesinambungan, untuk memberi manfaat serta nilai tambah bagi petani sekaligus mendorong produktivitas pertanian di Kalimantan Timur," kata M Nasir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement