Kamis 09 Mar 2023 10:37 WIB

Akselerasi Pertumbuhan di 2023, XL Axiata Siapkan Capex Rp 8 Triliun

Tingkat fiberisasi BTS telah mencapai 54 persen.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
Teknisi melakukan pengecekan dan perawatan pada perangkat Base Transceiver Station (BTS) XL Axiata di kawasan wisata kota Batu, Jawa Timur, Kamis (22/12/2022). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kestabilan jaringan  serta mengantisipasi lonjakan lalu lintas penggunaan data internet di kawasan wisata jelang libur natal dan tahun baru.
Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Teknisi melakukan pengecekan dan perawatan pada perangkat Base Transceiver Station (BTS) XL Axiata di kawasan wisata kota Batu, Jawa Timur, Kamis (22/12/2022). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kestabilan jaringan serta mengantisipasi lonjakan lalu lintas penggunaan data internet di kawasan wisata jelang libur natal dan tahun baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melihat sejumlah peluang bisa mengakselerasi pertumbuhan bisnis di 2023. XL Axiata akan berfokus pada tiga pilar pertumbuhan yaitu layanan konvergensi, perluasan jaringan, serta penguatan pengalaman pelanggan.

"Untuk target, tahun ini, XL Axiata akan berupaya meraih pertumbuhan pendapatan mid to high single digit, EBITDA margin sekitar 49 persen, serta capex sekitar Rp 8 triliun," kata Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, melalui keterangan resmi, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga

Merujuk pada pencapaian kinerja yang sangat baik di 2022, Dian mengatakan, XL Axiata akan terus memanfaatkan sejumlah peluang positif yang sedang berkembang di Indonesia. Hal ini untuk mendorong dan meningkatkan performa perusahaan pada tahun ini.

Peluang tersebut antara lain permintaan pada layanan fixed data, permintaan untuk layanan digital, percepatan layanan konvergensi serta meningkatkan sinergi operasi digital, dengan memanfaatkan convergence dan omnichannel touchpoints, menyatukan jalur distribusi, dan memanfaatkan sinergi lebih dari 130 ribu distribusi touch point.

 

Pada layanan konvergensi, XL Axiata berfokus pada dua segmen, yaitu keluarga dan bisnis. Untuk segmen keluarga, XL Axiata menawarkan konten digital terbaik, melalui kerja sama dengan mitra penyedia konten. Sementara untuk segmen bisnis, XL Axiata mengembangkan produk konvergensi sebagai bagian dari solusi digital terpadu untuk kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).

 

Tahun ini, XL Axiata menggandakan strategi konvergensi dengan menambahkan lebih banyak fitur. Selain itu, XL Axiata juga meningkatkan proposisi segmen keluarga dengan menyediakan ekosistem yang lebih komprehensif dan relevan bagi pelanggan.

XL Axiata juga menerapkan e-SIM yang akan segera diluncurkan pada semester pertama 2023 ini. Terkait perluasan dan penguatan infrastruktur jaringan, XL Axiata memandang jaringan yang berkulitas tinggi akan bisa mendukung penyediaan berbagai jenis layanan dengan kualitas yang juga tinggi sesuai ekspektasi pelanggan.

Ekspansi jaringan 4G terus XL Axiata lanjutkan ke berbagai daerah, termasuk di luar Jawa, dengan mempertahankan besaran nilai investasi. Hingga akhir 2022, jumlah BTS (2G & 4G) XL Axiata mencapai 144.768 BTS, dengan jumlah BTS 4G sebanyak 91.632 unit. Tingkat fiberisasi BTS telah mencapai 54 persen.

 

Selanjutnya, fokus XL Axiata pada customer experience, melanjutkan program yang telah berlangsung sejak dua tahun terakhir. Upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan ini telah terbukti mampu ikut mendongkrak penjualan dan citra positif perusahaan yang peduli dengan kebutuhan pelanggan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement