Ahad 05 Mar 2023 11:20 WIB

Kinerja Moncer, Saham Bank Besar Diproyeksi Cerah di 2023

Saham empat bank besar dinilai prospektif pada 2023 didukung kinerja yang cemerlang.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Pergerakan saham (ilustrasi). Saham empat bank besar dinilai prospektif pada 2023 didukung kinerja yang cemerlang.
Foto:

Pertumbuhan DPK BMRI yang kuat terutama didorong oleh aplikasi Livin, yang mampu mengumpulkan 22 juta unduhan dan 17 juta pengguna terdaftar, dengan pertumbuhan volume dan nilai transaksi secara yoy masing-masing sebesar 60 persen dan 50 persen pada kuartal IV 2022. 

Prasetya meyakini bank-bank dalam coverage Samuel Sekuritas dapat menyerap potensi risiko NPL yang lebih tinggi dan membukukan peningkatan NIM di tahun depan, terutama untuk bank-bank besar di tengah lingkungan suku bunga yang tinggi dengan proyeksi pertumbuhan laba bersih 12,4 persen di 2023.

"Kami masih lebih menyukai bank besar daripada bank kecil, karena bank-bank besar diperkirakan akan terus memimpin pertumbuhan kredit sektor perbankan, dan mereka akan menikmati biaya dana yang lebih rendah di tengah kondisi likuiditas yang semakin ketat," jelas Prasetya.

Samuel Sekuritas merekomendasikan BUY saham di level 12.700. BBRI juga direkomendasikan BUY pada level 6.200. BMRI memperoleh rating BUY di level 13.200. Sementara BBCA mendapat rating BUY di level 10.300. 

 

Meski demikian, keempat saham bamk ini juga memiliki risiko penurunan saat pertumbuhan ekonomi lebih lambat dari yang diantisipasi serta pertumbuhan kredit dan NIM lebih lemah dari yang diperkirakan, dan biaya kredit yang lebih tinggi.

*DISCLAIMER: Pemberitaan ini tidak bertanggung jawab atas keuntungan ataupun kerugian keuangan yang timbul dari perdagangan saham. Pembaca diharapkan bijak dalam mengelola keuangannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement