Senin 27 Feb 2023 17:12 WIB

Erick Sambut Kerja Sama Perdagangan Karbon IDSurvey dan BEI

Pemerintah sudah punya tools di bawah OJK tentang perdagangan karbon.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Menteri BUMN Erick Thohir menyaksikan penandatanganan kerja sama strategis antara holding BUMN jasa survei (ID Survey) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) terkait implementasi nilai ekonomi karbon.
Foto:

Arisudono mengatakan IDSurvey sebagai fasilitator perdagangan karbon dan tujuh BUMN lainnya sebagai potential seller & buyer, yaitu: Pertamina, PLN, MindID, Semen Indonesia, Pupuk Indonesia, PTPN dan Perhutani, yang mana tujuh BUMN ini diestimasi merepresentasikan 36 persen dari seluruh emisi GRK BUMN sebesar 239 juta ton CO2 equivalent, dengan potensi pengurangan emisi sebesar 38 persen atau 90 juta ton CO2 equivalent per tahun. 

"Pengurangan emisi dari ketujuh BUMN diestimasikan dapat mengkontribusikan, kurang lebih 10 persen dari total estimasi kontribusi target NDC Indonesia pada 2030," sambung Arisudono.

Melanjutkan komitmen kontribusi terhadap pilot project perdagangan karbon, ucap Arisudono, IDSurvey dan BEI menjalin kerja sama strategis yang bertujuan untuk mengintegrasikan sedari awal layanan dekarbonisasi IDSurvey dengan ekosistem perdagangan karbon yang saat ini sedang secara serius dikembangkan di Indonesia, dan salah satunya adalah oleh BEI. Arisudono berharap kemitraan strategis ini akan mempercepat pelaku usaha dalam mendapatkan keekonomian nilai karbon, sekaligus turut mendukung aspirasi BEI untuk menjadi tuan rumah perdagangan karbon di negeri sendiri

Arisudo menyampaikan terima kasih kepada BEI, Kemenko Marves, Kementerian LHK, Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN, atas bimbingan dan arahan yang diberikan kepada IDSurvey untuk mendukung tercapainya Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia 2030 dan ambisi Net Zero Emissions (NZE) Indonesia 2060.

Direktur Utama BEI, Iman Rachman menyambut baik inisiasi ini serta menyampaikan harapan agar semakin banyak BUMN serta anak perusahaan BUMN yang melantai di Bursa Efek Indonesia.

Pada kesempatan ini, turut berlangsung penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian BUMN dan BEI perihal koordinasi dan kerja sama dalam bidang pengembangan pasar modal di Indonesia. Hal ini menjadi wujud implementasi dari komitmen Menteri BUMN Erick Thohir dalam mendukung program Presiden RI Joko Widodo untuk berkontribusi pada dunia dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) di 2060.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement