Selasa 21 Feb 2023 07:38 WIB

Uni Eropa Serukan Percepatan Aturan Modal Kripto untuk Bank

Regulator telah menetapkan tenggat 2025 untuk implementasi persyaratan modal.

 Sejumlah mata uang kripto di dunia (ilustrasi). Eksekutif Uni Eropa meminta aturan modal yang ketat untuk bank yang memegang aset kripto harus dikembangkan dengan cepat dalam undang-undang perbankan Uni Eropa yang tertunda jika Eropa ingin menghindari tenggat waktu yang disepakati secara global.
Foto:

Rancangan undang-undang terpisah tidak akan diterbitkan paling cepat pada akhir 2023, kata makalah tersebut. Parlemen pergi ke tempat pemungutan suara pada pertengahan 2024, mempersulit untuk menyetujui undang-undang baru pada tahun 2025.

Makalah Komisi juga menunjukkan bahwa Otoritas Perbankan Eropa (EBA) blok dapat berkoordinasi dengan pengawas sekuritas Uni Eropa ESMA untuk memastikan bahwa aset kripto dikategorikan dengan benar.

Basel telah menetapkan biaya modal hukuman pada mata uang kripto yang tidak didukung seperti bitcoin, dan biaya yang kurang konservatif pada stablecoin, yang didukung oleh aset atau mata uang fiat.

 

Mungkin juga berguna untuk mengamanatkan EBA, bekerja sama dengan ESMA, untuk mempertahankan daftar bagaimana aset kripto yang ada dikategorikan, kata makalah tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement