Kamis 16 Feb 2023 15:26 WIB

Bahlil: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Salah Satu yang Terbaik di G20

BPS mencatat ekonomi sepanjang 2022 sebesar 5,3 persen.

Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (10/11/2022). Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan salah satu capaian pertumbuhan ekonomi terbaik di antara negara-negara G20.
Foto:

Kondisi itu pun mulai terlihat dari kinerja ekspor yang tidak sebaik 2022. Demikian pula aliran investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) yang penuh tantangan.

"Saya itu mau sharing sama teman-teman bahwa optimisme ekonomi 2023 akan baik kalau mampu kita jaga momentum. Kenapa? Karena FDI juga tidak sebaik 2022. Saya baru cek dengan tim saya, itu kecenderungan untuk di kuartal pertama, itu agak tidak sebaik dibanding kuartal keempat 2022," katanya.

Bahlil juga mengungkapkan perlu ada upaya lebih untuk bisa tetap menggaet dan mendorong realisasi investasi dari negara-negara yang sudah menyatakan komitmennya untuk menanamkan modal.

"Beberapa negara yang sudah menyatakan untuk investasi di negara kita, maupun di negara lain, ini masih dibutuhkan suatu pergerakan-pergerakan mental yang baik, kira-kira begitu. Saya nggak berani membuat kata-kata yang agak sedikit jelas tapi agak sedikit samar-samar saja," katanya.

Oleh karena itu, Bahlil mengajak semua pihak untuk bekerjasama menciptakan persepsi yang baik agar citra Indonesia di mata investor asing masih tetap memiliki daya tarik.

 

"Menurut saya tahun 2023 adalah tahun yang tidak main-main. Saya betul-betul nggak bisa membayangkan kalau ekonomi global yang kita sudah dapat datanya, potensi resesi tidak bisa kita hindari, cuma dalam resesinya saja yang masih kita hitung. Jangan sampai itu kemudian berdampak pada wait and see kita di tahun politik," kata Bahlil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement