Rabu 18 Jan 2023 20:04 WIB

Pegadaian-Danamon Salurkan Pembiayaan Sosial Berkelanjutan Rp 1 Triliun

Pembiayaan akan digelontorkan secara bertahap dengan total Rp 1 triliun.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pegadaian dan Danamon menandatangani perjanjian kerja sama penyaluran pembiayaan sosial berkelanjutan.
Foto: Dok Pegadaian
Pegadaian dan Danamon menandatangani perjanjian kerja sama penyaluran pembiayaan sosial berkelanjutan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pegadaian bersinergi dan berkolaborasi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dalam mempelopori Pembiayaan Sosial Berkelanjutan (Sustainable Social Loan) sebesar Rp 500 milliar. Pembiayaan akan digelontorkan secara bertahap dengan total Rp 1 triliun. 

Program pembiayaan ini dirancang untuk memperluas akses pemberian pinjaman pendidikan, pengembangan UMKM, dan pinjaman individu untuk memulai usaha. Ini merupakan Pinjaman Sosial Berkelanjutan pertama untuk Lembaga Keuangan Non-Bank (LKNB) di Indonesia.

Baca Juga

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pegadaian, Ferdian Timur Satyagraha menyatakan, program tersebut disalurkan oleh PT Pegadaian melalui produk Gadai Peduli yang diberikan kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan (unbankable).

“Kami memberikan penyediaan instrumen keuangan dan layanan pendukung yang sesuai bagi usaha mikro, kecil, dan menengah melalui produk gadai. Selain itu kami juga terus memperluas akses layanan keuangan yang setara layanan perbankan khususnya kepada masyarakat yang belum familiar dengan layanan perbankan,” kata Ferdian dalam siaran pers, Rabu (18/1/2023).

 

Menurutnya, program Pembiayaan Sosial Berkelanjutan bertujuan untuk memastikan setiap orang mempunyai akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas. Program ini juga mempromosikan kebijakan orientasi pembangunan yang mendorong formalisasi dan pertumbuhan UMKM melalui perluasan akses layanan jasa keuangan. Hal tersebut juga dalam rangka meningkatkan pemberdayaan sosial ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Direktur Syariah dan Sustainable Finance Danamon, Herry Hykmanto menyampaikan, pihaknya mendukung PT Pegadaian dalam pelaksanaan program Pinjaman Sosial Berkelanjutan untuk mewujudkan tujuan menjadi agen inklusi keuangan pilihan rakyat. Program Gadai Peduli PT Pegadaian ini menjadi contoh bagi para pelaku industri dalam komitmennya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan.

"Program ini selaras dengan salah satu pilar utama komitmen sustainable ecosystem Danamon yaitu Pilar Ekonomi, di mana Danamon secara aktif mengupayakan peningkatan kapasitas dan pengetahuan terutama dalam literasi keuangan yang menjadi dasar dalam usaha meningkatkan kualitas perekonomian individu maupun sektor usaha," kata Herry.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement