Selasa 17 Jan 2023 15:16 WIB

ECB Harus Terus Naikkan Suku Bunga untuk Lawan Inflasi

Puncaknya akan bergantung pada bagaimana ekonomi merespons pengetatan kebijakan.

Trem melaju ke kota dengan latar belakang Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman, Rabu, 19 Mei 2021. Bank Sentral Eropa (ECB) harus menaikkan suku bunga ke tingkat yang mulai membatasi pertumbuhan.
Foto:

Inflasi akan mereda dengan cepat tahun ini, tetapi sebagian besar disebabkan oleh "efek dasar" karena lonjakan harga gas turun dari angka tahun sebelumnya dan kesulitannya mungkin dalam memastikan fase akhir disinflasi.

"Pertanyaannya adalah bagaimana Anda mencapai target 2 persen dari pertengahan tiga pada akhir 2023 secara tepat waktu," kata Lane. 

Setelah suku bunga cukup tinggi untuk membatasi pertumbuhan, ECB perlu menyeimbangkan risiko melakukan terlalu banyak versus melakukan terlalu sedikit dan ini mungkin menjadi masalah yang menyeret keluar untuk satu atau dua tahun ke depan.

Selama sebagian besar dekade terakhir ECB melawan inflasi yang terlalu rendah dan beberapa orang berpendapat bahwa kondisi yang mendasarinya tidak berubah sehingga pertumbuhan harga yang sangat rendah pada akhirnya dapat kembali, memaksa ECB mundur. Tapi Lane tampaknya mengabaikan argumen ini, dengan mengatakan bahwa ekspektasi sekarang menyesuaikan ke tingkat pertumbuhan harga yang lebih tinggi dan lebih sehat.

 

"Saya kira keseimbangan inflasi rendah kronis yang kita miliki sebelum pandemi tidak akan kembali," katanya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement